Antisipasi Antrean Panjang di Pelabuhan Merak, ASPD Ferry Indonesia Tambah Kapasitas Dermaga

Antisipasi Antrean Panjang di Pelabuhan Merak, ASPD Ferry Indonesia Tambah Kapasitas Dermaga

Puncak Arus Balik Angkutan Penyeberangan Diprediksi 8 Mei 2022--

CILEGON, DISWAY.ID-PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak menambah kapasitas dermaga melalui pengoperasian dermaga pelabuhan lain sekitar pelabuhan Merak, Banten.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, bahwa skema penambahan kapasitas dermaga melalui pengoperasian dermaga Pelabuhan lain di sekitar Pelabuhan Merak, Banten diharapkan menjadi langkah solutif untuk mengantisipasi terjadinya antrean kendaraan serta menjamin keamanan dan keselamatan serta kelancaran layanan angkutan penyeberangan di periode mudik.

“ASDP bersinergi dalam langkah antisipasi yang diinisiasikan oleh Direktorat Perhubungan Darat Kemenhub ini, dimana kita bisa membantu mengurai volume kendaraan yang sangat tinggi di Pelabuhan Merak melalui tambahan dermaga baik di Indah Kiat dan Pelabuhan PT Bandar Bakau Jaya,” ujarnya.

BACA JUGA:Info Arus Mudik Terkini: Antrean Kendaraan Mengular di Exit Tol Jakarta-Merak hingga 1,5 Km

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) bersinergi dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan PT Pelindo dalam pengoperasian layanan kapal penyeberangan melalui dermaga Indah Kiat Cilegon dan Pelabuhan PT Bandar Bakau Jaya atau Bojonegara.

Sinergi yang dilakukan sebagai langkah antisipasi untuk mengurai antrian kendaraan pada puncak arus mudik di lintas penyeberangan Merak – Bakauheni.

Pengoperasian kapal penyeberangan di lintas Merak – Bakauheni melalui Dermaga Indah Kiat selama periode angkutan lebaran Tahun 2022 (1443 H) dilakukam terhitung mulai tanggal 27 April s.d 9 Mei 2022. 

BACA JUGA:H-3 Mudik Lebaran 2022, Wakapolri Akui 98 Km Antrean Kendaraan Menuju Pelabuhan Merak Sulit Terurai

Sementara pelayanan kapal dari Pelabuhan PT Bandar Bakau Jaya dilakukan terhitung mulai tanggal 28 April sampai dengan 1 Mei 2022.

Seperti diketahui, antrean dan kemacetan panjang terjadi di Pelabuhan Merak. 

Sejak H-10 hingga H-3 Hari Raya Idul Fitri 2022, sedikitnya 598.802 orang tercatat telah menyeberang dari Pelabuhan Merak masuk Sumatera.

PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak mencatat lebih dari setengah juta orang telah menyeberang ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak.

Jumlah itu didominasi oleh penumpang dalam kendaraan sebanyak 561.112 orang.

Adapun kendaraan yang telah menyeberang sebanyak 143.746 unit. Yang didominasi oleh mobil pribadi sebanyak 72.852 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Radar Banten