Dear Parpol! Buruan Siapkan Berkas, Pengurus dan Kantor di Daerah, Verifikasi Pemilu 2024 Mulai Jalan

Dear Parpol! Buruan Siapkan Berkas, Pengurus dan Kantor di Daerah, Verifikasi Pemilu 2024 Mulai Jalan

Kemendagri, KPU RI, dan Bawaslu melakukan koordinasi guna pemantapan jalannya verifikasi berkas parpol di daerah dalam waktu dekat. -Kemendagri-

JAKARTA, DISWAY.ID--Sosialisasi Rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu 2024 dimulai.

Ini sejalan dengan langkah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Pol dan PUM) menggelar sosialisasi secara virtual kepada jajaran pemerintah daerah Rabu 23 Maret 2022.

Gelaran bertajuk “Dukungan Pemerintah Daerah untuk Sukseskan Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu” ini, untuk memberikan pemahaman kepada daerah agar mendukung tahapan awal pelaksanaan Pemilu 2024 tersebut.

BACA JUGA:Gagasan Penundaan Pemilu 2024 Batal, Desain Surat Suara Pemilu Akan Disederhanakan

Direktur Jenderal (Dirjen) Pol dan PUM Bahtiar menjelaskan, pemahaman itu dibutuhkan agar Pemda mampu memberikan dukungan dengan benar sesuai peraturan.

Meski beberapa aspek dukungan terlihat sederhana, seperti memberikan surat keterangan domisili kepengurusan Parpol. Namun, hal itu berpotensi menimbulkan sengketa bila dilakukan secara tidak benar.

Selain itu, Bahtiar juga mengingatkan pemda agar tidak memberikan surat keterangan palsu terkait domisili kepengurusan Parpol. Pasalnya, surat keterangan tersebut sering menjadi salah satu objek yang disengketakan dan memiliki dampak hukum.

BACA JUGA:Elite Politik Harusnya Sadar Kontitusi, Hasto: Wacana Penundaan Pemilu 2024 Tambah Persoalan Baru

“Misalnya, tidak ada pengurus dan kantor partainya di situ, di kecamatan itu, atau tidak ada kantor di desa itu, atau kelurahan itu, tapi diberikan keterangan ada,” terang Bahtiar.

Bahtiar berharap, melalui gelaran sosialisasi ini, Pemda dapat melakukan langkah lebih awal untuk mempersiapkan berbagai dukungan yang dibutuhkan terkait pendataan, verifikasi, dan penetapan Parpol peserta Pemilu.

Senada dengan Bahtiar, Anggota KPU Pramono Ubaid Tanthowi yang menjadi pembicara dalam acara tersebut juga mengimbau, agar pemda tidak memberikan surat keterangan palsu terkait domisili kepengurusan Parpol.

BACA JUGA:Pemilu dan Pilkada Serentak Tetap 2024, Juri Ardiantoro: Pergantian KPU dan Bawaslu Tak ada Masalah

Pasalnya, surat palsu itu akan menyeret persoalan yang panjang, baik dengan Bawaslu maupun aparat penegak hukum.

“Sangat berharap teman-teman pemerintah daerah di tingkat kecamatan atau kelurahan/desa jangan coba sekali-kali mengeluarkan surat keterangan palsu,” tegas Pramono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemendagri