Gagasan Penundaan Pemilu 2024 Batal, Desain Surat Suara Pemilu Akan Disederhanakan

Gagasan Penundaan Pemilu 2024 Batal, Desain Surat Suara Pemilu Akan Disederhanakan

Ilustrasi: Pemilu dan Pilpres 2024-KPU -

JAKARTA, DISWAY.ID--Penundaan Pemilu 2024 yang digagas sejumlah pimpinan partai politik di Indonesia tidak membuahkan hasil. KPU RI fokus pada penyederhanaan surat suara guna menghemat anggaran negara.

Buktinya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tetap menyepakati formula awal yang telah dicanangkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Pemilu dilaksanakan pada 14 Februari 2024, sedangkan Pilkada pada 27 November 2024. Dia menegaskan agar tidak ada lagi diskusi terkait penundaan Pemilu 2024.

BACA JUGA:Hadang Penundaan Pemilu, LaNyalla: Tak Ada Urusan dengan Oligarki

Artinya, wacana Penundaan Pemilu sudah tidak bisa diteruskan, karena sejumlah syarat tidak mendukung.  

Bahkan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyepakati tidak ada penundaan Pemilu 2024

”Tetap 2024 untuk Pemilu dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak dilaksanakan tepat waktu,” kata Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi usai rapat kerja bersama Mendagri di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 22 Maret 2022. 

BACA JUGA:Elite Politik Harusnya Sadar Kontitusi, Hasto: Wacana Penundaan Pemilu 2024 Tambah Persoalan Baru

Maka, DPD meminta Mendagri dalam mengangkat pejabat kepala daerah lebih mengoptimalkan ASN sesuai peraturan perundang-undangan dengan memperhatikan politik lokal dan kebutuhan daerah.

Pasalnya, terdapat 272 daerah baik provinsi, kabupaten, dan kota yang akan diisi pejabat kepala daerah sebelum Pemilu 2024.

Pejabat kepala daerah itu akan bertindak sebagai kepala pemerintahan. Tahun 2022 ada sebanyak 101 daerah dan tahun 2023 ada sebanyak 171 daerah.

BACA JUGA:Pemilu dan Pilkada Serentak Tetap 2024, Juri Ardiantoro: Pergantian KPU dan Bawaslu Tak ada Masalah

Sementara itu, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Evi Novida Ginting Manik tidak lagi memandang penundaan Pemilu 2024 untuk dikedepankan. 

KPU saat ini fokus terhadap tahapan termasuk penyederhanaan desain surat suara dan formulir Pemilu 2024 yang murah, mudah, dan cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dpd ri