Pemerintahh Perbolehkan Mudik Lebaran 2022, Berikut 5 Tips Aman Sebelum Berangkat ke Kampung Halaman

Pemerintahh Perbolehkan Mudik Lebaran 2022, Berikut 5 Tips Aman Sebelum Berangkat ke Kampung Halaman

Hal-hal penting yang harus diperhatikan adalah seperti pergantian oli, pemeriksaan kondisi kampas rem, persediaan ban cadangan, hingga kelengkapan perkakas seperti dongkrak, kunci pas, dan pompa. Semua hal tersebut perlu dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya kerusakan di tengah perjalanan.

3. Bawa barang muatan seperlunya

Hal ini penting demi kestabilan kendaraan anda, apalagi yang membawa motor. Usahakan agar barang bawaan tidak berlebihan sampai keluar dari sisi-sisi kendaraan.

Kalau perlu, kirim barang-barang dulu lewat kurir. Siapkan persediaan, supaya anda bisa makan atau nyemil di jalan.

4. Jangan mengenakan perhiasan berlebihan

Saat melakukan perjalanan mudik, baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum, sebaiknya tidak mengenakan perhiasan seperti anting atau kalung emas. 

BACA JUGA:Lihat KTP Milik Mbak Rara Si Pawang Hujan, Deddy Corbuzier: Saya Tidak Mau Menyebutkan Agamanya!

Perhiasan yang mencolok dapat menarik perhatian orang-orang yang berniat jahat. Ingatlah bahwa kejahatan bukan hanya terjadi karena ada niat, tapi karena ada kesempatan.

5. Rencanakan perjalanan dengan Peta Digital

Biar di jalan hemat waktu, cek rutenya di peta digital dulu. Ketahui mana saja yang bisa dilewati dan mana yang patut dihindari. 

Dengan hadirnya banyak infrastruktur baru tiap tahunnya, penting untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya, mulai dari bertanya kepada teman-teman hingga mengikuti berita perkembangan arus mudik. 

Tujuannya adalah agar bisa memahami situasi dan suasana yang akan dilalui nanti, terutama kondisi jalanan, hal-hal yang harus diwaspadai, hingga lokasi-lokasi yang bisa menjadi tempat beristirahat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: