Peringatan Dini, Wilayah Maluku Dibayangi 67 Gempa Bumi

Peringatan Dini, Wilayah Maluku Dibayangi 67 Gempa Bumi

Posisi Gempa Mag:4.9, Jumat 25Mar 22 pukul 20:20:13 WIB, berada di Lokasi :3.87 Lintang Selatan, 122.76 Bujur Timur. Pusat gempa berada di laut, 11.9km Timur Laut Soropia.-BMKG-

JAKARTA, DISWAY.ID--Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika kelas 1 Ambon mencatat ada 67 kejadian gempa bumi di wilayah Maluku dan sekitarnya.

Peristiwa Seismisitas di wilayah Maluku dan sekitarnya selama sepekan periode 18-24 Maret 2022 sebanyak 67 kali kejadian gempa. 

”Gempa tersebut didominasi gempa bumi kecil (M<5), kata Kepala Stasiun Geofisika Klas I Ambon (Stageof Ambon),” terang  Herlambang Hudha, Jumat 25 Maret 2022.

BACA JUGA:Breaking News: Kendari Diguncang Gempa, BMKG Sebut ada 3 Getaran Susulan

Gempa dengan magnitudo (M<5) yang terjadi di Pulau Seram dan di wilayah timur Pulau Ambon.

”Dari 67 kejadian gempa bumi terdapat empat gempa bumi yang dirasakan,” katanya.

Ia mengakui, di wilayah timur Pulau Ambon terdapat gempa bumi kluster dangkal aktif.

BACA JUGA:BMKG Ingatkan Tsunami Didahului Gempa Megathrust Wilayah Tasikmalaya dan 5 Kabupaten di Jawa Barat

”Di wilayah tersebut terdapat gempa bumi kluster dangkal yang aktif, sehingga menjadi perhatian pemerintah daerah setempat,” katanya.

BMKG mengimbau, jika terjadi gempa bumi, masyarakat diminta untuk tenang, waspada serta tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab.

Masyarakat juga diimbau untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa.

BACA JUGA:Malam Ini Giliran Gunung Semeru ’Batuk-batuk’, Tercatat 12 Kali Letusan

”Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah,” terangnya.

Jika terjadi gempa bumi, masyarakat agar tetap tenang, waspada dan mengikuti arahan (Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, serta informasi dari BMKG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bmkg