Malas Berolahraga? Ini Tips Agar Anda Termotivasi

Malas Berolahraga? Ini Tips Agar Anda Termotivasi

Semangat berolahraga mendukung aktivitas tubuh Anda.-Pixabay/@sasint-disway.id

Pemeriksaan awal dapat mendeteksi masalah atau kondisi kesehatan apa pun yang dapat membuat Anda berisiko cedera saat berolahraga.

Ini juga dapat membantu Anda mengoptimalkan latihan Anda, memudahkan Anda dan pelatih pribadi Anda. 

2. Buat rencana dan tujuan realistis

Setelah Anda memutuskan untuk mulai berolahraga secara teratur, cobalah untuk membuat rencana yang mencakup langkah dan tujuan yang dapat dicapai.

Jika tujuan Anda adalah menyelesaikan lari 5 kilometer, Anda dapat memulai dengan membuat rencana yang mencakup lari pendek. Ya, pendek-pendek saja dulu.

Setelah Anda dapat menyelesaikan lari pendek itu, tingkatkan jaraknya hingga Anda dapat berlari sejauh 5 kilometer dalam satu sesi.

Memulai dengan tujuan kecil dapat meningkatkan peluang Anda untuk sukses dan membuat Anda tetap termotivasi di setiap langkah.

”Sebelum Anda mulai berolahraga, lakukan pemeriksaan kesehatan dan buat rencana dengan tujuan yang realistis. Kemudian, jadikan olahraga sebagai kebiasaan dengan memasukkannya ke dalam rutinitas harian Anda,” demikian dilansir Disway.id dari Healthline.

3. Biasakan

Komponen kunci lain dari kesuksesan olahraga adalah tetap pada rutinitas Anda.

Tampaknya lebih mudah bagi orang untuk mempertahankan rutinitas olahraga dalam jangka panjang jika mereka menjadikannya kebiasaan dan melakukannya secara teratur.

Selain itu, membuat jadwal atau berolahraga pada waktu yang sama setiap hari adalah cara yang baik untuk mempertahankan rutinitas Anda dan membuatnya bertahan lama.

Misalnya, Anda dapat menjadikan olahraga sebagai kebiasaan dengan merencanakan untuk berolahraga tepat setelah bekerja setiap hari atau hal pertama di pagi hari. Sangat penting untuk memilih waktu yang paling cocok untuk Anda.

”Rekomendasi minimum untuk berolahraga adalah setidaknya 150 menit per minggu. Namun, penting untuk memulai secara perlahan dan membiarkan tubuh Anda beristirahat dari waktu ke waktu,” tulis Healthline.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: healthline

Berita Terkait