Kabar Baik! Penumpang dari 20 Bandara AP II Tak Perlu Lagi Tes PCR dan Antigen

Kabar Baik! Penumpang dari 20 Bandara AP II Tak Perlu Lagi Tes PCR dan Antigen

Kedatangan penumpang di Bandara Juanda arus balik.-Boy Slamet-

JAKARTA, DISWAY.ID - PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan, bahwa penumpang di 20 bandara yang dikelolanya tidak perlu lagi menunjukkan hasil tes covid-19 berupa PCR maupun antigen sebagai syarat perjalanan dalam dan luar negeri.

Hal ini sejalan dengan aturan perjalanan terbaru dari pemerintah yang tertuang di SE Nomor 56 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

BACA JUGA:Erick Thohir Buka 2,300 Lowongan Magang di BUMN

Kemudian, SE Nomor 58 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Berdasarkan kedua aturan itu, penumpang perjalanan dalam dan luar negeri yang sudah menerima vaksin covid-19 secara lengkap, termasuk booster atau dosis ketiga tidak perlu menunjukkan hasil tes PCR dan antigen.

"AP II menyambut baik relaksasi peraturan perjalanan, dan sejalan dengan hal tersebut kami tetap menerapkan peraturan yang masih diberlakukan seperti ketentuan menjaga jarak, menghindari kerumunan serta melakukan disinfektan di berbagai fasilitas," ungkap Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan resmi, Rabu 18 Mei 2022.

"AP II juga mengingatkan penumpang tetap perlu menggunakan masker di bandara maupun pesawat," sambungnya.

BACA JUGA:18 Persen Calon Jemaah Haji Indonesia Terancam Tidak Diberangkatkan, Belum Divaksin Dosis Lengkap

Awaluddin optimistis pelonggaran aturan ini bisa meningkatkan jumlah penumpang pesawat di seluruh bandara AP II sampai akhir tahun mencapai 45 juta orang.

"Atau lebih tinggi sekitar 10 persen dibandingkan dengan target yang ditetapkan pada awal tahun, yakni sekitar 41 juta orang," ujarnya.

Keyakinan ini datang dari jumlah penerbangan Bandara Soekarno Hatta yang sudah mencapai 1.000 penerbangan per hari atau 86 persen sampai 91 persen dari kondisi normal sebelum pandemi.

"Penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta sudah sangat mendekati kondisi normal," pungkasnya.

Sumber: