121 Pria Diserang Cacar Monyet, Panik WHO Rapat Mendadak

121 Pria Diserang Cacar Monyet, Panik WHO Rapat Mendadak

Ilustrasi: Wabah Monkeypox yang kini menyebar di Eropa.-straitstimes-Disway.id

LONDON, DISWAY.ID - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO akan mengadakan pertemuan darurat hari ini, Sabtu 21 Mei 2022 untuk membahas wabah cacar monyet (monkeypox) yang terus menyebar dan menimbulkan kepanikan dunia.

Infeksi virus yang kerap menjangkit negara-negaa Afrika barat dan tengah itu meluas dan dilaporkan sadah ada 121 kasus yang terkonfirmasi di Eropa. Rata-rata laki-laki yang mengidap wabah aneh itu.

Jerman menempati peringkat pertama di Eropa, menyusul 7 negara lain yakni Inggris, Spanyol, Portugal, Italia, Amerika Serikat, Kanada, dan Australia.

BACA JUGA:Wabah Monkeypox Menyebar di Eropa

Pertama kali kasus ini diidentifikasi pada monyet, penyakit ini biasanya menyebar melalui kontak dekat dan jarang menyebar ke luar Afrika, sehingga rangkaian kasus ini memicu kekhawatiran.

Para ilmuwan sejauh ini menilai, wabah tersebut tidak berkembang menjadi pandemi seperti Covid-19 mengingat virus tersebut tidak menyebar semudah Sars-Cov-2.

Awalnya cacar monyet diklaim penyakit ringan, ditandai dengan gejala demam serta ruam bergelombang yang khas. Ada benjolan di kulit dan kerap mengeluarkan air yang mengakibatkan suhu tubuh menjadi panas.

“Dengan beberapa kasus yang dikonfirmasi di Inggris, Spanyol dan Portugal, ini adalah wabah cacar monyet terbesar dan paling luas yang pernah terlihat di Eropa,” jelas layanan medis angkatan bersenjata Jerman, yang mendeteksi kasus pertamanya di negara itu Jumat 20 Mei 2022.

BACA JUGA:Penting! Virus Monkeypox Sudah Masuk Inggris dan Amerika Serikat, Kenali Karakteristik dan Gejalanya

Namun Fabian Leendertz, dari Robert Koch Institute, menggambarkan wabah itu sebagai epidemi. Sebarannya meluas, dan melalui perantara udara.

“Namun sangat tidak mungkin bahwa epidemi ini akan berlangsung lama. Kasus-kasus tersebut dapat diisolasi dengan baik melalui pelacakan kontak dan ada juga obat-obatan dan vaksin efektif yang dapat digunakan jika diperlukan,” paparnya.

Sementara WHO menyebut tidak ada vaksin khusus untuk cacar monyet, tetapi data menunjukkan bahwa vaksin yang digunakan untuk membasmi cacar hingga 85 persen efektif wabah itu.

Pihak berwenang Inggris telah menawarkan vaksin cacar kepada beberapa petugas kesehatan dan orang lain yang mungkin telah terkena cacar monyet.

BACA JUGA:Kenali Penularan dan Gejala yang Ditimbulkan Cacar Monyet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: