UAS dan Pergeseran Konservatif Islam di Indonesia dari Kacamata Barry Desker

UAS dan Pergeseran Konservatif Islam di Indonesia dari Kacamata Barry Desker

Menteri Hukum dan Dalam Negeri Singapura K. Shanmugam dalam jumpa persnya. -Tangkapan Layar/Youtube/CNA -Disway.id

Dia juga membuat komentar tentang kepercayaan agama lain, seperti Kristen, dengan menggambarkan salib Kristen sebagai tempat tinggal jin kafir (roh/setan). Setiap Muslim yang meninggal di rumah sakit dengan salib akan dikirim ke neraka.

Menteri Hukum dan Dalam Negeri Singapura K. Shanmugam telah mengamati Abdul Somad yang biasa disapa UAS. “Bahasanya, retorikanya, seperti yang Anda lihat, sangat memecah belah. Jelas tidak dapat diterima di Singapura,” terang Shanmugam.

“Kerukunan ras, agama, kami menganggap ini fundamental bagi masyarakat kami. Abdul Somad telah mempengaruhi radikal Muslim di Singapura dan ajarannya telah mendorong pembantunya untuk mempertimbangkan berpartisipasi dalam operasi bunuh diri di Timur Tengah,” ungkapnya. 

Sejak kembali ke Indonesia, Abdul Somad yang berbasis di Riau telah berkomentar dalam sebuah video bahwa Singapura adalah milik orang Melayu, dan orang Singapura hanyalah pendatang di sana.

Orang-orang di Riau, klaimnya, melihat Singapura sebagai bagian dari tanah mereka karena Singapura adalah bagian dari kerajaan Temasek. 

“Nanti, insya Allah akan datang waktunya, mungkin di era cucu kita nanti yang berkuasa adalah orang Melayu dan negara itu akan ditaklukkan kembali, sehingga mereka akan merasakan sakitnya,” ujar UAS.

Abdul Somad menambahkan, jika orang Indonesia kencing bersama dan mengarahkannya ke Singapura, pulau itu akan tenggelam (“kurang ajar, kita kencing tenggelam dia”). 

Komentar ini memperkuat keyakinan pihak berwenang di Singapura bahwa keputusan mereka untuk menolak masuk ke pengkhotbah jelas dibenarkan. “Komentar semacam itu provokatif dan dapat merusak hubungan bilateral yang baik antara Singapura dan Indonesia,” sebut Shanmugam. 

Generasi Baru

Dididik di Mesir, Maroko dan Sudan, Abdul Somad adalah bagian dari generasi baru penceramah Islam di Indonesia yang menjadi terkenal karena penggunaan media sosial yang efektif.

Dengan peningkatan tajam dalam pengguna Internet, para pengkhotbah ini telah menarik dukungan dari orang-orang Indonesia yang lebih muda dan mengerti komputer.

“Rekan saya Noor Huda Ismail menilai pandangan UAS disajikan dengan gaya langsung yang lucu dan menarik bagi audiens yang lebih muda,” ujar Barry Desker seperti dikutip Disway.id dari Straits Times

UAS mampu menarik anak muda di Indonesia, karena dia membahas masalah yang menjadi perhatian mereka. Pada saat mereka cemas saat mereka menyesuaikan diri dengan ketidakpastian masa dewasa.

“Pesan utamanya terkait dengan peran syariat (fiqh) dalam kehidupan sosial dan keagamaan serta ibadah dan iman (aqidah). UAS juga mengungkapkan keprihatinan dan keluh kesah wong cilik,” imbuhnya. 

Ini memberinya kemampuan untuk memobilisasi pendukung dan mendorong tokoh-tokoh berpengaruh secara politik seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk memupuk hubungan mereka dengannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: the straits times