5 Juta Warga Ukraina Eksodus, Polandia Tujuan Utama

5 Juta Warga Ukraina Eksodus, Polandia Tujuan Utama

Bangkai tank lapis baja menepi dengan kondisi rusak setelah dihantam arteri di Husarivka, sebuah desa pertanian di Ukraina timur, Jumat 15 April 2022.-Twitter/@Danspiun-

JENEWA, DISWAY.ID - Lebih dari lima juta orang telah meninggalkan Ukraina sejak invasi Rusia pada 24 Februari. Demikian angka PBB menunjukkan pada Jumat 15 April 2022.

UNHCR, badan pengungsi PBB, mengatakan 4.796.245 juta warga Ukraina telah melarikan diri melintasi perbatasan. 

Sementara Organisasi Internasional PBB untuk Migrasi (IOM) mengatakan hampir 215.000 warga negara ketiga juga telah melarikan diri ke negara-negara tetangga.

BACA JUGA:Tentara Rusia Pergi Sisakan Mayat dan Tank Baja di Desa Husarivka

Eksodus adalah krisis pengungsi yang tumbuh paling cepat di Eropa sejak Perang Dunia II. Angka UNHCR naik 59.774 dari yang dikeluarkan pada hari Kamis 14 April 2022.

Data yang ada, 2,7 juta pengungsi Ukraina pergi sejak perang ke Polandia. Sisanya, 725.000 orang lebih memilih ke Rumania.

Angka UNHCR menunjukkan 645.000 warga Ukraina melarikan sejak akhir Februari disusul 3,4 juta melakukannya pada Maret dan lebih dari 760.000 meninggalkan sejauh bulan ini.

BACA JUGA:Banjir Hebat ‘Menyapu’ Afrika Selatan

Wanita dan anak-anak menyumbang 90 persen dari mereka yang telah meninggalkan Ukraina. Untuk pria yang berusia 18 hingga 60 tahun lebih memilih bergabung dengan pasukan Ukraina itu pun dengan beberapa syarat.

Di luar data PBB, IOM memperkirakan 7,1 juta orang akan meninggalkan Ukraina. Kondisi ini akan memperburuk Ukraina sendiri karena hingga kini belum ada tanda-tanda perdamaian.

Sebelum invasi, Ukraina memiliki populasi 37 juta jiwa di wilayah-wilayah di bawah kendali pemerintah, tidak termasuk Krimea yang dicaplok Rusia dan wilayah-wilayah yang dikuasai separatis pro-Rusia di timur.


Dari foto satelit kawasan pabrik Azovstal luluh lantah di hajar Rusia, yang merupakan benteng kota pejuang Ukraina. -Twitter@Maxar-Twitter@Maxar

Sementara itu, Bangkai tank lapis baja menepi dipenuhi lumpur. Bangunan rusak dan mayat berserakan.

Ini adalah gambaran yang tersisa usai pasukan Rusia pergi meninggalkan Husarivka, sebuah desa pertanian di Ukraina timur, Jumat 15 April 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reuters