Aceh Tenggara Diterjang Banjir, 92 Rumah Dinyatakan Rusak

Aceh Tenggara Diterjang Banjir, 92 Rumah Dinyatakan Rusak

Tampak dari udara kondisi banjir yang melanda Kabupaten Aceh Tenggara sejak, Jumat 14 April 2022. -BPBD Kabupaten Aceh Tenggara -

ACEH TENGGARA, DISWAY - Sedikitnya 37 rumah rusak berat dampak banjir yang melanda Kabupaten Aceh Tenggara sejak, Jumat 14 April 2022. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tenggara menyebut 11 rumah rusak sedang. Sementar  44 rumah rusak ringan dan 10 rumah lainnya terdampak banjir. 

Selain itu ada 1 unit fasilitas umum, 1 unit tempat ibadah, 1 pondok pesantren, 1 gedung perkantoran dan 1 sekolah juga terdampak banjir yang dipicu oleh faktor cuaca tersebut.

BACA JUGA:Banjir Hebat ‘Menyapu’ Afrika Selatan

Data BPBD setempat menunjukan 3 titik jalan nasional masih terdampak dan tidak bisa dilalui kendaraan hingga saat ini.

Genangan air juga masih menggenangi di sebagian wilayah. Adapun 3 jembatan terdampak dan 1 titik tanggul jebol setelah tak kuasa menahan debit air dari tingginya curah hujan kemarin.

Dalam laporan visual dari udara, beberapa titik permukiman dan ruas jalan perkampungan masih tertutup material lumpur yang terbawa oleh banjir.

BACA JUGA:Banjir Afrika Selatan Merenggut 341 Jiwa

Dua alat berat telah beroperasi guna membantu pembersihan dan membuka akses jalan dari material lumpur dan puing potongan batang pohon serta bebatuan.

Banjir dengan tinggi muka air (TMA) 30-100 cm itu telah berdampak di 10 desa yang berada pada 4 wilayah kecamatan. 

Adapun rincinannya meliputi: 

Kecamatan Bambel:

- Desa Pinding 

- Desa Kuning I 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: