Dibayangi Jose Ramos Horta, 3 Parpol Besar Merapat ke Petahana Lu-Olo

Dibayangi Jose Ramos Horta, 3 Parpol Besar Merapat ke Petahana Lu-Olo

Perdana Menteri Taur Matan Ruak (kanan), Dr Mari Alkatiri dari Fretilin dan José Naimori dari KHUNTO menegaskan kembali dukungan mereka untuk mendudukkan Presiden Francisco "Lú-Olo" Guterres untuk putaran kedua dalam pemilihan presiden Timor bulan depan. -Kantor Berita Lusa-

Sedangkan Mari Alkatiri yang juga sekretaris jenderal Fretilin (Frente Revolucionaria de Timor-Leste Independente) telah menegaskan komitmennya.

Partai politik terbesar di Timor Leste itu optimistis Lu-Olo akan menang dengan mudah. 

”Saya yakin PLP dan KHUNTO bersama Fretilin mendukung Lu-Olo. Ini adalah platform yang mendukung pencalonan nasional Lu-Olo,” paparnya.

Ruak mengatakan fungsi perdana menteri akan diambilalih oleh wakil perdana menteri Armanda Berta dos Santos saat dia berkampanye dalam pemilihan.

Penegasan serupa disampaikan Presiden KHUNTO (Kesatuan Nasional Kmanek Haburas Timor Oan) Berta dos Santos.

Dia adalah kandidat ketiga tersukses dalam pemilihan presiden putaran pertama yang dihelat 19 Maret 2022. Berta dos Santos berhasil mengantongi 8,69 persen suara.

“Semua militan harus mempertahankan posisi ini, memastikan bahwa kita bersama hingga 2023 dan memberikan kemenangan kepada Lu-Olo,” jelasnya.

Guterres memperoleh suara terbanyak kedua (22,16 persen) pada putaran pertama dan akan bersaing dengan Jose Ramos-Horta, mantan presiden dan peraih Nobel Perdamaian (46,51 persen).

Keputusan lain yang ditunggu

Di antara 16 kandidat yang menempati posisi tertinggi, keputusan resmi masih ditunggu oleh Lere Anan Timur yang menempati urutan keempat dengan 7,57 persen suara.

Begitu pula dengan Partai Demokrat (PD) yang mendukung pencalonan Mariano Assanami Sabino sebagai kandidat kelima terbanyak memberikan suara dengan 7,26 persen.

Beberapa kandidat telah mengumumkan dukungan mereka, di antaranya Anacleto Ferreira, Rogerio Lobato dan Isabel Ferreira yang akan mendukung Jose Ramos Horta.

Lainnya, seperti Milena Pires dan Virgílio Guterres, menyerahkan keputusan kepada kebebasan pendukung mereka. 

Meskipun yang terakhir mengatakan dia tidak akan mendukung kandidat yang bermaksud membubarkan Parlemen. Ini merujuk dari pernyataan Ramos Horta.

Ditanya tentang fakta bahwa istrinya, Isabel Ferreira, telah mengumumkan bahwa dia mendukung Ramos-Horta, Perdana Menteri Ruak menegaskan bahwa demokrasi dipraktikkan di lingkungan keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lusa