Kerusuhan Komunal di India, Mahkama Agung Hentikan Pembongkaran Toko Muslim

Kerusuhan Komunal di India, Mahkama Agung Hentikan Pembongkaran Toko Muslim

Ilustrasi bangunan milik Muslim India yang dihancurkan (TheDiplomat)--

INDIA, DISWAY.ID-Mahkama Agung INDIA menghentikan pembongkaran yang dilakukan pihak berwenang terhadap bangunan toko muslim INDIA di New Delhi, Rabu 20 April 2022.

Sentimen dan serangan anti-Muslim telah meningkat di seluruh India dalam 10 hari terakhir, termasuk pelemparan batu antara kelompok Hindu dan Muslim selama prosesi keagamaan dan pembongkaran sejumlah properti, banyak milik Muslim, di negara bagian lain pekan lalu.

Polisi telah menangkap sedikitnya 24 tersangka sejak kekerasan komunal pecah selama prosesi keagamaan Hindu di lingkungan Jahangirpuri barat laut New Delhi, Sabtu lalu.

Mereka mengatakan kelompok Hindu dan Muslim India saling melempar batu selama prosesi untuk menandai tanggal lahir dewa Hindu Hanuman, menyebabkan delapan petugas polisi dan seorang warga sipil terluka.

BACA JUGA:Ratusan Pengungsi Rohingya Melarikan Diri dari Kamp Imigrasi

Para pejabat mengatakan upaya pembongkaran mereka menargetkan bangunan ilegal dan bukan kelompok agama tertentu.

Tetapi para kritikus berpendapat ini adalah upaya terbaru untuk melecehkan dan meminggirkan Muslim, yang merupakan 14 persen dari 1,4 miliar penduduk India.

Hal ini juga menunjukkan pola meningkatnya polarisasi agama di bawah Partai Bharatiya Janata, nasionalis Hindu Perdana Menteri Narendra Modi.

Pada Rabu pagi, buldoser menghancurkan serangkaian toko di pinggir jalan di Jahangirpuri sementara pemiliknya mengintip dari jendela di rumah mereka, menyaksikan tanpa daya saat kios mereka dihancurkan atau dibawa pergi dengan truk. 

BACA JUGA:Kasus Covid-19 Tinggi Lagi, Pabrik Samsung Dilaporkan Tutup di Tiongkok

“Mereka tidak ingin Muslim tinggal di negara ini. Mengapa? Apakah Muslim teroris?” kata Sabiran Bibi, 31, yang telah tinggal di daerah itu sepanjang hidupnya.

Raja Iqbal Singh, walikota Korporasi Kota Delhi Utara yang diperintah oleh BJP, mengatakan pihak berwenang hanya merobohkan “bangunan ilegal yang merambah ke jalan.”

Dia mengatakan tindakan itu tidak ada hubungannya dengan kekerasan sebelumnya tetapi beberapa toko milik orang yang dituduh melakukan kerusuhan.

Pengusiran itu terjadi ketika daerah di barat laut New Delhi dikerumuni oleh pasukan paramiliter dengan perlengkapan anti huru hara dan terjadi setelah kepala BJP kota itu, Adesh Gupta, mendesak perusahaan kota untuk mengambil tindakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Radar Cirebon