Waspada Cuaca Ekstrem! 26 Wilayah di Indonesia Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin

Waspada Cuaca Ekstrem! 26 Wilayah di Indonesia Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin

Ilustrasi hujan deras dan angin kencang.--Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem di 26 wilayah di Indonesia, Jumat, 1 April 2022. 

Menurut perkiraan BMKG, sebanyak 19 wilayah berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

19 wilayah tersebut di antaranya Aceh, Sumatera, Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Papua.

BACA JUGA:Harga Pertamax Naik Jadi Rp 12.500, Pertamina: Ini Kita Lakukan Agar Tak Terlalu Memberatkan Masyarakat

Dikutip dari bmkg.go.id, TD (Tropical Depression) ONE yang tumbuh dari Bibit Siklon Tropis 93W terpantau di daratan Vietnam dengan kecepatan angin maksimum 25 knot dan tekanan udara minimum 1006 mb.

Pergerakan sistem ini ke arah barat dan potensi dalam 24 jam kedepan untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam kategori rendah.

Bibit Siklon Tropis 96S terpantau berada di Samudra Hindia sebelah barat Australia dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1007 mb.

Sistem ini bergerak ke arah selatan-tenggara (menjauhi wilayah Indonesia).

BACA JUGA:Tiket KA Lebaran Masih Tersedia, Cek Infonya di Sini

Kemudian, Bibit Siklon Tropis 96S ini membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) di pesisir barat Bengkulu hingga perairan selatan Banten dan Jawa Barat.

Sementara itu, Daerah konvergensi terpantau memanjang di Aceh, dari Riau hingga Jambi, Lampung, Jawa Barat bagian selatan-Jawa Tengah, di Jawa Timur, di Kalimantan Tengah, di Kalimantan Utara, di Sulawesi bagian tengah dan selatan, NTB, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Kondisi ini mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis, sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut peringatan dini cuaca ekstrem Jumat, 1 April 2022 dikutip dari Bmkg.go.id:

BACA JUGA:Hari Ini Rukyah Awal Ramadan 2022 Serentak di 101 Lokasi, Ada Kemungkinan Perbedaan Awal Puasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: