Mulai 13 Juni Contra Flow Diberlakukan di 6 Ruas Jalan Tol Kelapa Gading hingga Pulogebang

Mulai 13 Juni Contra Flow Diberlakukan di 6 Ruas Jalan Tol Kelapa Gading hingga Pulogebang

Ilustrasi/ Mulai 13 Juni 6 ruas tol segmen Kelapa Gading hingga pulogebang akan diberlakukan rekayasan Contra Flow-rizky ari gunawan-

JAKARTA, DISWAY.ID-Mulai 13 Juni 2022, Enam ruas jalan tol dalam kota titik Kelapa Gading hingga Pulogebang akan diterapkan rekayasa lalu lintas Contra Flow

Kanit Lantas Polsek Cakung AKP Eko Prihanto menjelaskan, Manajemen Operasi PT JDT Jaya Pratama selaku pengembang Jakarta Toll Road telah dikonfirmasi bahwa, contra flow akan diterapkan mulai Jalan raya depan Mall Grand Cakung hingga Perempatan Cakung-Cilincing.

“Benar, mulai 13 Juni 2022 besok, dengan resmi jalan di depan Mall Grand Cakung sampai dengan Perempatan Cakung-Cilincing akan diterapkan contra flow mulai posisi depan,” ujar Eko, Kamis 9 Juni 2022.

Sementara PT JTD Pratama dalam keterangan resminya mengatakan, Contra flow sendiri dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas pada jam sibuk. 

“Kepadatan yang terjadi di setiap jam puncak (peak hour) pagi (06.00–10.00 WIB) merupakan sasaran utama dalam pelaksanaan manajemen lalu lintas ini,” tulis PT JTD Pratama dalam keterangannya.

Oleh karenanya, Pihak manajemen operasi PT JTD Jaya Pratama menyebut kebijakan contra flow ini ditujukan agar memperlancar arus lalu lintas yang lokasinya berada di kawasan Cakung-Pulo Gadung.

“Kami terapkan contra flow guna meningatkan kelancaran lalu lintas jalan Bekasi Raya (Tepatnya kawasan Cakung-Pulo Gadung) termasuk juga mempermudah aksesibilitas masyarakat untuk menikmati akses jalan tol, PT JTD Jaya Pratama akan kembali memberlakukan Manajemen Lalu Lintas (Contraflow) yang akan dimulai pada 13 Juni 2022,” tambahnya.

BACA JUGA:Pelebaran Jembatan Ciujung Dilanjutkan, Tol Tangerang - Merak Berlakukan Contra Flow

Keputusan ini dilakukan menimbang keberhasilan uji coba contra flow yang dilaksanakan sebelumnya yakni pada tanggal 3-11 Februari 2022 sebelumnya.

“Adapun berdasarkan ujicoba sebelumnya didapatkan bahwa penerapan ini cukup efektif dalam mengurai kepadatan lalu lintas dari mulai posisi depan Mall Grand Cakung sampai dengan Perempatan CakungCilincing sebesar 20 persen -24 persen,” jelasnya.

BACA JUGA:Siapa Sosok Pengemudi X-Trail RFH yang Berani Hajar Pengendara di Tol Dalam Kota, Anggota Ormas?

PT JTD Pratama bekerja sama dengan Kepolisian Wilayah yaitu Satuan Lalu Lintas Polsek Cakung, Polisi Jalan Raya Tol Induk Jaya 08 dan stakeholder terkait lainnya dalam hal ini Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Dinas PU Pemprov DKI Jakarta hendak menerapkan Skema contra flow agar memberikan akses khusus kendaraan roda empat golongan I.

“Skema Contra flow ini dikhususkan untuk kendaraan roda empat golongan I untuk dapat memasuki jalan tol Pulo Gebang-Kelapa Gading melalui ramp jalan tol Bekasi Raya yang semula hanya 1 (satu) arah menuju Bekasi,” katanya.

Untuk penerapan contra flow tersebut, pembagian lajur yang hendak diterapkan guna mengakomodir lalu lintas ke arah Kelapa Gading.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: