Pemkot Jakarta Barat Cek Bengkel Mobil Sediakan Layanan Uji Emisi

Pemkot Jakarta Barat Cek Bengkel Mobil Sediakan Layanan Uji Emisi

Ilustrasi lokasi uji emisi.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat (Jakbar) melakukan pengecekan bengkel resmi yang menyediakan layanan uji emisi untuk kendaraan mobil. 

Pelaksana tugas Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Dampak Lingkungan dan Kebersihan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Enrile Indro Prasetyo, mengatakan bahwa pengecekan tersebut sudah dilakukan oleh pemkot Jakbar selama dua tahun belakangan ini. 

"Kita sudah memeriksa 11 bengkel uji emisi selama triwulan ke dua tahun ini," kata Enrile Indro Prasetyo, saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, 10 Juni 2022.

BACA JUGA:Kapolres Jaksel Sebut Atribut di Deklarasi Anies sebagai Capres Bukan Bendera HTI

Pengecekan yang dilakukan tersebut bertujuan untuk memastikan bengkel-bengkel sudah melaksanakan uji emisi kendaraan sesuai standar.

Enrile mengatakan bahwa ada empat point yang harus diperhatikan dan dipersiapkan dalam proses pengecekan bengkel uji emisi, yaitu izin tempat uji emisi (TUE), sertifikat teknisi, kalibrasi alat uji emisi, dan SOP uji emisi sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk semua bahan bakar.

"Pertama yang kita lihat itu izin tempat uji emisinya, sertifikat teknisi, terus kita cek kalibrasi alat uji emisi dan terakhir SOP uji emisi. Apakah SOP uji emisi sudab SNI atau belum," bebernya. 

Dari hasil pengecekan yang telah dilakukan di 11 bengkel tersebut, Enril mengatakan bahwa dirinya beserta jajarannya tidak menemukan adanya pelanggaran. 

BACA JUGA:David Da Silva Bocorkan Kesiapan Persib Bandung di Piala Presiden 2022, Berikut Ini Jadwal Tandingnya

11 bengkel yang didatangi mereka selama dua tahun ini sudah memenuhu empat point tersebut. 

Meski begitu, pihaknya akan terus memastikan dan melakukan pengecekan rutin ke setiap bengkel resmi. 

Jika saat pengecekan ditemukan pelanggaran, maka pihaknya tidak akan segan untuk langsung memberikan peringatan berupa teguran.

Dari kegiatan tersevut, Enrile berharap seluruh bengkel resmi di Jakarta Barat bisa memberikan pelayanan uji emisi yang layak bagi warga.

"Harapannya semoga bisa memuaskan warga dengan memberikan pelayanan uji emisi pada mereka," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: