Waspada! Jabodetabek Berpotensi Hujan Disertai Petir dan Angin Siang Ini

Waspada! Jabodetabek Berpotensi Hujan Disertai Petir dan Angin Siang Ini

Ilustrasi hujan deras dan angin kencang.--Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah, Jumat 8 April 2022.

BMKG juga memberikan peta sebaran gambaran potensi gelombang tinggi untuk beberapa perairan di Indonesia.

BMKG mengatakan, bibit Siklon Tropis 94W terpantau di Filipina bagian timur dengan kecepatan angin maksimum 15 knot dan tekanan udara minimum 1009 mb.

Sistem ini bergerak ke arah utara dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada pada kategori rendah.

BACA JUGA:Dari KTT TechX Singapura: Ada Alat Pendeteksi Turis sampai Toilet Pengujian Narkoba

Sistem ini menginduksi peningkatan kecepatan angin (low level jet), hingga lebih dari 25 kt yang terpantau memanjang dari Samudra Pasifik timur Filipina hingga Filipina

Serta membentuk daerah pertemuan/perlambatan angin (konvergensi) dari Samudra Pasifik timur Filipina hingga Filipina bagian selatan, dan dari Laut Sulawesi hingga Samudra Pasifik utara Halmahera.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Laut Cina Selatan utara Kalimantan dan di Samudra Hindia barat daya Sumatera yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang di Laut Cina Selatan dan di Samudra Hindia barat daya Sumatera.

Kondisi ini mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah low level jet/konvergensi tersebut.

Dilansir dari BMKG, berikut rincian peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia:

BACA JUGA:Bos Baru Twitter Elon Musk Minta Fitur Baru, Poling Ditebar

Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang:

Aceh

Sumatera Utara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: