Pengamat Minta Posisikan Watimpres di Samping Presiden bukan di Belakang

Pengamat Minta Posisikan Watimpres di Samping Presiden bukan di Belakang

Jajaran Dewan Pertimbangan Presiden RI -Watimpres-

JAKARTA, DISWAY.ID – Diplomasi terkait keamanan dan kondisi bangsa tidak lepas dari keruhnya suasana politik saat ini.

Wacana 3 Periode dan perpanjangan masa jabatan hanya sampiran atau jembatan untuk merduksi kekuatan Presiden Jokowi yang begitu ‘absolute’.  

Terlepas dari itu, kekuasaan eksekutif yang akan ditinggalkan Presiden Jokowi pada 2024 mendatang, menarik banyak pihak untuk berebut mencari peluang. Dengan cara memainkan narasi hingga memantik gerakan masa. Salah satunya aksi 11 April BEM nanti. 

BACA JUGA: 11 April 2022 Demo BEM, Arief Poyuono: Hanya Pemanasan tapi Jangan Dianggap Remeh 

”Di luar konteks itu, ada kerentanan dan gap yang mulai lebar dari sisi komunikasi dengan mahasiswa, masyarakat, dan kelompok-kelompok kritis saat ini. Presiden Jokowi asik dengan dunianya dan hanya mendengar pembisik dari satu sisi. Ini yang saya amati,” kata Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie kepada Disway.id. 

Pada kondisi demikan, sambung Jerry, muncul kesempatan yang dapat dimainkan oleh partai politik, termasuk individu yang coba-coba mendegradasi kekuatan Presiden Jokowi.  

”Soal ada musuh di luar itu biasa. Musuh di dalam juga biasa. Tidak ada teman sejati meski satu meja makan dalam politik. Ini yang harusnya Jokowi sadar. Pembisiknya itu lho, bikin ga tahan,” tuturnya.

BACA JUGA: Bahas Aksi BEM 11 April, Bertemu LaNyalla Panglima TNI Bilang Begini    

Melihat agenda 11 April yang dibawa oleh BEM seluruh Indonesia, publik dipertontonkan dengan kehadiran Watimpres Wiranto. Menurut Jerry Massie ini sedikit terlambat. 

”Harusnya Wiranto dilibatkan dalam keputusan-keputusan strategis. Memang saya nilai Wiranto jarang dilibatkan, hanya suasana genting saja beliau muncul. Ini tidak baik, peran Watimpres itu ada di samping Presiden bukan di belakang,” imbuhnya. 

Presiden Jokowi, lanjut dia, jarang melibatkan Wantipimres. Terkesan terhanya mau mendengar apa yang dikatakan satu dua orang saja di jajaran Kabinet Indonesia Maju.

BACA JUGA: BEM Menyapa Istana dengan 18 Pesan 

”Kita tahulah siapa mereka. Salah satunya Luhut Binsar Pandjaitan, yang sebetulnya mendegradasi citra Presiden Jokowi. Bahas kasarnya mau membawa ke jurang,” tandas Jerry. 

Wiranto, sambung dia, sosok yang memiliki pengalaman lengkap. Ia cukup paham dengan kondisi bangsa. ”Ingat beliau pernah menjadi Panglima TNI lho. Saat-saat genting 98 era Soeharto dia punya peran di situ,” imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: