Biar Gak Lemes Riding Saat Puasa, Yuk Baca Tipsnya Bro

Biar Gak Lemes Riding Saat Puasa, Yuk Baca Tipsnya Bro

Tips Berkendara Saat Bulan Ramadhan-yamaha-

JAKARTA, DISWAY.ID – Meskipun puasa, aktifitas bikers yang mobilitas sehari-harinya selalu berkendara dengan motor kesayangannya harus tetap fit. Oleh karena itu, Yamaha coba berbagi tips ringan untuk bikes di bulan puasa.

Karena berkendara motor saat berpuasa tentunya memberi tantangan tersendiri, khususnya konsentrasi yang berkurang, lantaran asupan makan dan minum yang dibatasi.

“Alhamdulillah Ramadhan kali ini di bumi Serumpun Sebalai dijalankan dengan penuh khidmat,” ujar Oriansah. M, Area Control Marketing Main Dealer Yamaha CV. Sumber Jadi (Bangka dan Belitung) sekaligus Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) area Bangka.

Dengan kondisi cuaca hujan yang intensitasnya cukup tinggi, juga mempengaruhi ketika naik motor untuk mobilitas sehari hari. Untuk itu kami ingin berbagi panduan berkendara saat berpuasa yang dapat diterapkan,” tambahnya.

BACA JUGA: Irjen Fadil Imran Minta Jajarannya Tak 'Menyakiti' Mahasiswa yang Demo Hari Ini: Saling Menjunjung Respect!

Berikut beberapa tips berkendara saat puasa :

1.Konsumsi sahur yang bernutrisi

Ada beberapa hal yang membuat Anda sering merasa lemas saat berada di luar ruangan, yaitu nutrisi yang kurang.

Untuk itu makan sahur dengan porsi yang cukup agar bisa mengisi tenaga selama 13-14 jam. Saat makan sahur perbanyak makanan yang mudah mengenyangkan dan efeknya cukup lama.

BACA JUGA: Tenang, Bus Transjakarta Dipastikan Tetap Beroperasi Normal Meski Ada Demo BEM SI

Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah yang mengandung banyak serat. Selanjutnya perbanyak buah dan sayuran agar pencernaan sehat.

Terakhir jangan lupakan protein, seperti susu atau aneka jenis daging. Jangan lupa minum air putih saat sahur 3-4 gelas, tujuannya agar tubuh tidak cepat dehidrasi saat di bawah terik sinar matahari.

2.Gunakan pakaian yang nyaman

Saat berada di luar ruangan, tubuh akan terpapar sinar matahari cukup lama. Kalau menggunakan pakaian yang tidak nyaman, tubuh bisa jadi mudah berkeringat.

BACA JUGA: Harga Emas Antam Turun Rp 1000 per Gram, Senin 11 April 2022

Misalnya jika menggunakan pakaian hitam atau jaket yang warnanya hitam, warna ini akan menyerap panas dengan baik sehingga kondisi dehidrasi tidak bisa dihindari.

Coba gunakan jaket dengan warna yang netral, lalu pakaian yang digunakan di dalam juga tidak terlalu panas serta berbahan lembut seperti katun.

3.Istirahat 15 menit sebelum berkendara

Saat berpuasa, waktu istirahat di sela-sela pekerjaan cenderung dimanfaatkan untuk tidur. Tipsnya, setelah tidur sebisa mungkin jangan langsung berkendara.

BACA JUGA: Lalu Lintas di Sekitar Istana Negara Diperketat, Patung Kuda hingga Jalan Majapahit-Harmoni Ditutup!

Berikan jeda sekitar 15 menit untuk memulihkan konsentrasi terlebih dulu, setelahnya baru boleh berkendara. Jangan lupa juga untuk lakukan peregangan tubuh sebelum menaiki motor, agar kondisi badan tetap fit di perjalanan.

4.Sesuaikan kecepatan

Saat jam pulang kantor dan mendekati waktu berbuka, banyak pengendara terburu-buru untuk sampai rumah. Tantangan di jalan pun semakin beragam.

Mulai dari ramainya pedagang di pinggir jalan sehingga timbul kemacetan, sampai dengan konsentrasi pengendara lain yang juga berkurang karena puasa.

BACA JUGA: Persebaya Datangkan Januar Eka untuk Gantikan Samsul Arif

Sudah sepatutnya, sebagai pengendara yang paham safety riding harus lebih berhati-hati. Atur kecepatan motor sesuai kondisi jalan. Bila bertemu kemacetan berkendaralah perlahan, tidak disarankan menyalip secara sembarangan.

5. Olahraga dan istirahat yang cukup

Agar tubuh tetap fit saat bekerja di lapangan, jangan lupa berolahraga setiap harinya atau seminggu 3-4 kali.

Setiap pagi atau sore jelang berbuka sempatkan 15-30 menit untuk jogging atau angkat beban. Pola hidup yang sehat memang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi saat berpuasa.

BACA JUGA: Elon Musk Ingin Kantor Twitter Jadi Penampungan Tuna Wisma

Kita diharuskan untuk memenuhi kebutuhan tidur 6-8 jam setiap harinya. Jika merasa lelah dan konsentrasi berkurang, pastikan untuk segera beristirahat. Hentikan motor, buka helm dan lakukanlah peregangan tubuh.

Bahkan bila benar-benar lelah, tidur akan lebih baik untuk mengembalikan kondisi tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: