Joe Biden Tambah Bantuan ke Ukraina Rp 14,6 Triliun, 18 Artileri Howitzer 155 mm Nyusul

Joe Biden Tambah Bantuan ke Ukraina Rp 14,6 Triliun, 18 Artileri Howitzer 155 mm Nyusul

Senjata bantuan Amerika Serikat dan negara-negara sekutunya sudah tiba di Ukraina. -parstoday-Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Amerika Serikat, Joe Biden kembali mengirimkan paket bantuan militer tambahan senilai US 1 miliar dolar AS atau setara Rp14,6 triliun untuk Ukraina

Biden menjabarkan, paket bantuan itu akan mencakup artileri, sistem pertahanan anti-kapal, hingga amunisi untuk artileri dan sistem roket yang dipakai Ukraina saat ini.

"Komitmen saya bahwa AS akan mendukung Ukraina mempertahankan demokrasinya dan mendukung kedaulatan dan integritas wilayahnya di tengah agresi Rusia," kata Biden, seperti dikutip AFP.

BACA JUGA:AS Ancam Tiongkok: Berani Serang Taiwan Akan Bernasip Seperti Rusia!

Selain itu, kata Biden, Kementerian Pertahanan AS juga bakal mengirimkan mencakup 18 artileri howitzer 155 mm beserta 36 ribu amunisinya.

"AS juga bakal memberikan dua sistem rudal anti-kapal Harpoon hingga roket untuk sistem roket Himars yang akan digunakan Ukraina dalam waktu dekat," ujarnya. 

Saat ini, tentara Ukraina sedang dilatih menggunakan Himars. Dengan jarak jelajah sekitar 80 kilometer, roket Himars akan menambah kemampuan Ukraina menyerang target-target Rusia. 

Tak hanya senjata, Biden juga mengumumkan bantuan kemanusiaan senilai US 225 juta dolar AS atau setara Rp3,3 triliun untuk Ukraina.

Dengan paket terbaru ini, AS tercatat sudah memberikan bantuan senjata hingga US 5,6 dolar AS atau Rp82,4 triliun untuk Ukraina sejak invasi Rusia dimulai pada 24 Februari lalu.

BACA JUGA:UAS Ditolak Ceramah di Daerah Bogor, Begini Penjelasan Warga

AS mengumumkan paket bantuan teranyar ini setelah Presiden Volodymyr Zelensky kembali menjerit meminta bantuan senjata asing di tengah peningkatan intensitas gempuran Rusia di kawasan Donbas.

Zelensky pun mengucapkan terima kasih setelah AS mengumumkan bantuan senjata terbaru ini. Ia juga mengapresiasi upaya AS untuk menggalang bantuan dari negara lain.

"AS mengumumkan penguatan pertahanan kami, paket bantuan US 1 miliar dolar AS. Saya bersyukur atas dukungan ini. Bantuan ini sangat penting untuk pertahanan di Donbas," tutur Zelensky.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: