Ahli Nutrisi Jelaskan Dampak Kesehatan Makan Gorengan Saat Berbuka dan Sahur

Ahli Nutrisi Jelaskan Dampak Kesehatan Makan Gorengan Saat Berbuka dan Sahur

Ilustrasi -- JawaPos.com

DISWAY.ID-Pecinta takjil gorengan, hati-hati jika mengonsumsi rutin apalagi ditambah waktu sahur bakal berdampak bagi kesehatan. 

Ahli mengatakan mengonsumsi makanan berminyak dalam jumlah besar atau diet yang tidak seimbang saat berbuka puasa dapat menyebabkan gangguan pencernaan. 

Yaitu sakit perut dan gangguan usus yang dapat memperburuk kondisi kesehatan.

Ahli Nutrisi Klinis dr. Taiyba Sultana merekomendasikan bahwa selama puasa sebaiknya harus mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna termasuk makanan yang mengandung serat. 

“Ramadan adalah masa refleksi spiritual dan siapa saja yang menderita penyakit kronis seperti diabetes, tekanan darah tinggi, gagal jantung, penyakit paru-paru, dan radang sendi atau mereka yang minum obat, perlu lebih banyak perencanaan dan disiplin untuk menjalankan puasa”, katanya seperti dilansir dari Daily Times, Selasa 12 April 2022.

BACA JUGA: 5 Resep Membuat Kolak Pisang dan Ubi untuk Hidangan Buka Puasa

Ia menambahkan berbuka puasa harus dapat mengendalikan diri dari banyak masalah yang berhubungan dengan perut.

Dia memperingatkan bahwa pola makan yang buruk di bulan Ramadan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Apa saja dampaknya?

Yaitu sakit perut, mulas, kembung, bersendawa, mual, tingkat energi rendah, dan penambahan berat badan yang tidak diinginkan. Penggunaan produk berminyak yang berlebihan saat buka puasa dan sahur dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Nutrisi kesehatan lainnya dr. Atta Ur Rehman fokus kepada penderita diabetes. 

BACA JUGA: 7 Kiat Tampil Glowing Meski Sedang Berpuasa

Ia mengatakan bahwa penderita diabetes harus membatasi makanan yang tinggi lemak jenuh seperti gorengan. Pasien harus memeriksakan kadar glukosanya setiap kali mengalami gejala hipoglikemia atau hiperglikemia (gula darah tinggi), sarannya.

Solusinya

Masyarakat diimbau untuk makan buah, sayur, produk berbahan dasar susu, terutama yoghurt. Selain itu banyak minum air putih dengan 2-3 liter per hari untuk mencegah diri dari gas lambung, refluks asam, dan masalah lambung lainnya.(JawaPos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: