Debat Perpuluhan

Debat Perpuluhan

--

SAYA dapat kiriman video yang judulnya sangat provokatif: pilih bantu orang tua atau bayar perpuluhan?

Yang kirim adalah yang membuat video itu sendiri: Pendeta Ronny Suwono. Saya pun banyak bertanya kepadanya. Untuk Disway.

Sebelum topik itu pun, pendeta Ronny unggah video yang lebih hot. Ia menantang Pendeta Philip Mantofa: juga soal perpuluhan.

Saya kenal Pendeta Philip Mantofa. Anda pun kenal. Terkenal sekali. Terutama di kalangan keluarga muda. Waktu ia membuka gereja baru saya hadir. Besar sekali. Di PTC, Pakuwon Mal, Surabaya Barat.

Anda sudah tahu: perpuluhan adalah ''setoran'' kepada Tuhan sebanyak 10 persen dari penghasilan. Itu ''bagian'' Tuhan. Hak Tuhan. Tuhan sudah memberi rezeki kepada manusia. Mengembalikannya ke Tuhan 10 persennya tidaklah banyak.

Sebagian pendeta selalu mengkhotbahkan ajaran itu. Lengkap dengan kembang-kembang retorikanya. 

Gereja-gereja pun berkembang pesat. Kehidupan pendetanya juga terjamin. Mobil-mobil mereka luar biasa.

Pendeta Ronny ingin meluruskan ajaran perpuluhan itu. "Itu tidak sesuai dengan ajaran Al Kitab," katanya.

Ronny tidak mau dipanggil pendeta. "Saya ini evangelis. Penginjil," katanya. "Pendeta itu memimpin sidang jemaat di sebuah gereja. Saya tidak memimpin gereja. Saya khotbah berdasar yang mengundang," tambahnya.

Ev Ronny tinggal di Kediri. Pengusaha. Lalu pensiun. Baru kali ini saya mendengar ada pengusaha pensiun. Lalu jadi penginjil. Ia tergabung di jemaat Gereja Kristen Indonesia.

"Saya merasa sudah cukup. Saatnya saya pakai buat TUHAN SANG PENCIPTA, walaupun saya harus menjadi orang biasa," jawabnya.

Di dalam videonya, Ronny biasa memulai dengan cuplikan khotbah pendeta yang ia kritik. Lalu Ev Ronny menilai cuplikan itu. Ia bandingkan dengan bunyi ayatnya di Al Kitab. 

Soal Pendeta Philip misalnya, ia tampilkan cuplikan khotbah: perpuluhan itu ringan. Harusnya semua harta dijual untuk jalan Tuhan. Diserahkan ke gereja. Begitulah ajaran Tuhan.

Pendeta Philip Mantofa adalah menantu pendiri dan pemimpin Gereja Mawar Sharon. Ia jadi pendeta di situ. Muda. Tinggi. Langsing. Ganteng. Penampilannya selalu keren. Jemaatnya besar sekali.

Mawar Sharon merobohkan gereja lamanya. Dibangun gereja baru. Di pusat kota Surabaya. Di Jalan Mawar. Megah. Indah. Saya masuk-masuk ke gereja ini menjelang selesai dibangun. Kalah besar dari Gereja Bethany tapi tidak kalah megah.

Philip lantas membangun gereja sendiri: GMS. Di PTC.

Philip umur 49 tahun. Ia lulusan Columbia Bible College. Anaknya tiga orang.

Tidak ingin menjawab kritik Ev Ronny?

"It is ok. Kita biarkan saja," ujar Philip singkat.

Ev Ronny sudah menduga itu. "Mereka lebih baik tiarap. Mereka paham bahwa yang saya terangkan, semuanya berdasarkan ALKITAB," katanya.

Pembicaraan pun terputus. Ev Ronny harus segera khotbah. Sudah pukul 18.40 tadi malam. Ia diundang khotbah Paskah di GBI Kupang Timur Surabaya. 

Kini Ronny punya lima cucu dari tiga anak. Sebelum jadi penginjil ia punya banyak sekali usaha: pabrik minuman, iklan luar ruang, pabrik rokok, kantor Sun Life agency, dagang tebu, punya  radio FM, dealer Yamaha dan percetakan. Semuanya ia tutup. Tahun 2011.

Di mana Ronny memperdalam Al Kitab?

"Saya otodidak. Tapi saya banyak belajar dari pendeta yang hebat-hebat," katanya.

Yang benar, katanya, perpuluhan itu hanya berlaku di tanah yang dijanjikan. Uangnya untuk kaum Bani Lewi. Pada zaman itu Bani Lewi sengaja hanya fokus melayani jemaat. Mengurus gereja. Tidak bekerja yang lain. Tidak pula  jadi imam. 

"Jadi perpuluhan itu sepenuhnya untuk yang mengurus jemaat. Tidak untuk pendeta. Juga tidak untuk operasional gereja," ujar Ev Ronny.

"Jangan lakukan lagi perpuluhan. Ganti persembahan kasih," katanya.

Ia pun menguraikan ayat-ayat yang menegaskan semua itu. Lihat sendiri videonya.

Ev Ronny juga kelihatan murka ketika ada pendeta yang mengajarkan lebih penting membayar perpuluhan daripada memberi uang kepada orang tua mereka sendiri yang lagi membutuhkan uang. 

Ev Ronny tidak pandang bulu. Pendeta siapa pun yang khotbahnya tidak sesuai dengan Al Kitab ia serang lewat YouTube. Sudah lebih 60 video jenis itu yang ia unggah di YouTube.

Gaya bicara Ronny sangat menarik. Videonya memang agak njelimet tapi bahasanya jernih.

Ev Ronny memang pernah bekerja di pabrik rokok Gudang Garam. Bagian marketing pula.(Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Disway Edisi 24 April 2024: Jaga Hati

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

LIRIK LAGU JAGA HATI.. Sayang, sa cuma mo bilang. Jang ko selingkuh, jang nakal-nakal di sana. Dan tolong ingat pulang. Jangan terlalu ko lama-lama di sana. Sa rindu, Sayang. Ingat waktu ko pegang sa punya tangan. Sa tunggu, Sayang. Sampe ko kembali lagi dalam sa punya pelukan. Ho-wo-wo.

Mirza Mirwan

Disiplin diri dan keluarga, barangkali, adalah kunci keberhasilan cangkok hati, seperti disampaikan Pak DI. Itu pula yang disampaikan Mas Djodi -- Kanjeng Pangeran Salahuddin Bambang Setiawan Djodi Nur Hadiningrat, pengusaha perkapalan dan perminyakan yang juga pemusik dan pelukis. Personel Kantata Takwa -- lalu berganti Kantata Samsara, Kantata Revolvere, Kantata Barock -- yang cucu pahlawan dr. Wahidin Soedirohoesodo itu dulu juga menjalani cangkok hati, dua tahun setelah Pak DI. Bedanya Pak DI di Tionhkok, Mas Djodi di Singapura. Bedanya pula Pak DI menfapat donor dari entah siapa, Mas Djodi mendapatkannya dari putrinya sendiri: Shri Jehan Djodi Putri. Mas Djodi menyebut sang putri -- anak no. 4 (3 kakaknya juga perempuan) -- sebagai gadis pemberani. Sebagai pengamal tasawuf, Mas Djodi tidak mengeluh pada Tuhan gegara sirosis yang dideritanya. Ia justru menyalahkan diri sendiri, mungkin sirosis itu berasal dari gaya hidupnya di masa lalu. Dan ia sudah siap untuk mati ketika terbaring di atas brankar didorong ke ruang operasi, meski masih ada 20% harapan untuk hidup. Dan mukjizat itu nyata. Begitu sembuh Mas Djodi menciptakan lagu "Mukjizat" yang dibawakan Kantata Barock dalam konser dua tahun pasca-operasi. Lain Mas Djodi, lain Cak Nur(kholis Madjid). Operasi Cak Nur berhasil, tetapi (mungkin karena imun yang tinggi) tubuh Cak Nur menolak hati baru yang dicangkokkannya. Dan meninggal. Pelajaran untuk kita: hargailah hidup Anda. Jaga kesehatan!

Juve Zhang

Dokter yg paling saya kagumi di dunia itu Doktor Deng Xiao Ping....beliau mengobati banyak penyakit Korupsi....pemerkosa...pembunuh...diberi obat satu peluru di tancapkan di batang otak....maka sembuhlah negara nya....maka Kaya Makmur lah negaranya....tanpa dokter Deng XP....Tiongkok masih negara miskin miirip korut...Deng mengobati satu milyar penduduk dari penyakit Jiwa Korupsi...korupsi termasuk penyakit jiwa karena jiwanya penakut....takut miskin....tak mau kerja keras....maunya tiduran tapi duit banyak...wkwkkw..pemerkosa juga penyakit jiwa....pembunuhan banyak karena jiwa yg stress....maka dokter Deng mengobati rakyatnya dengan resep sederhana....cukup satu butir...sekali saja...ampuh wkqkqkqk

Fiona Handoko

selamat pagi bp thamrin, bung mirza, bp agus, ka nimas, bp jo dan teman2 rusuhwan. seorang pemuda berseragam tentara rusia berlari terengah engah melewati seorang biarawati. "demi tuhan. suster, tolong saya. ijinkan saya bersembunyi di bawah rok mu. nanti akan saya jelaskan." suster bersedia. pemuda itu bersembunyi di bawah roknya. tak lama kemudian muncul polisi militer. "ada tentara lari ke sana." kata suster sambil menunjuk. polisi militer langsung berlari ke arah yg ditunjuk suster. setelah dirasa aman. keluarlah sang pemuda. "terima kasih suster." "ada apa sebenarnya?" "saya tidak mau ditugaskan ke ukraina." suster mengangguk paham. pemuda itu mendadak teringat. "maaf suster. hanya ingin memuji dan tidak bermaksud kurang ajar. paha suster bening sekali." "kalau kamu teliti. lihatlah. ada dua butir telur di atasnya." kata suster sambil tersenyum. "sama seperti kamu. saya juga tidak mau diperintahkan ke ukraina." "suster

 

djokoLodang

--o-- @kangmas Gianto Kwee, yang nulis tadi pagi. Hey Jude... the Beatles ... lagu top hit dunia tahun 1968. Baru-baru ini saja, saya baru paham, bahwa sebagian lyrics nya menceritakan sesuatu yang asyiiiik. Hey, Jude, don't be afraid You were made to go out and get her The minute you let her under your skin Then you begin to make it better So let it out and let it in, hey, Jude, begin You're waiting for someone to perform with And don't you know that it's just you, hey, Jude, you'll do The movement you need is on your shoulder Na-na-na-na-na, na-na-na-na, yeah * hey, Jude, jangan takut... dekati dia ...the minute you let her under your skin and let it out and let it in ..., hey Jude, .... mulai lah... in and out ... Na-na-na-na-na, na-na-na-na, yeah yeah, yeah, yeah ,.... --jL--

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Seorang dokter ahli bedah jantung mengambil Bentley-nya dari bengkel. Ia bertemu dengan pemilik bengkel dan mereka pun ngobrol. "Tahukah Anda, perbaikan mesin mirip dengan operasi jantung terbuka," kata pemilik bengkel. "Bagaimana?" ujar dokter. "Mesin itu ibarat jantung. Mesin mempunyai injektor bahan bakar seperti pembuluh darah, pompa minyak seperti aorta, dan piston yang memompa seperti otot jantung." "Jadi begitu," kata dokter. "Mesin bisa aus dan rusak seperti jantung. Jika tidak diperbaiki dengan benar, banyak masalah akan terjadi dan mesin bisa mati, seperti jantung yang berhenti berdetak." "Itu benar," dokter setuju. "Jadi, kenapa aku hanya menagihmu Rp 5 juta untuk memperbaiki mesinmu, sementara aku harus membayar Rp 500 juta untuk operasi jantung?" tanya pemilik bengkel ketika dokter sudah naik ke mobilnya. Setelah menekan kenop starter, dokter itu menurunkan jendela mobil dan berkata: “Bisakah kamu memperbaiki mesinnya selagi mobil masih hidup?”

Hari Purwanto

"Aku lebih suka punya mata tak bisa melihat; Telinga yang tak dapat mendengar; Bibir dan lidah yang tak dapat berbicara dan bersenandung; Daripada hati yang tak dapat mencintai dan memikatmu; " Halaaah mbelgedes...pagi-pagi tanggal tuwa gombale metu. (mbok wedok ada disamping sambil melotot)

Mbah Mars

INTERMEZZO Bolkin: “Ma, hati-hati kalau mencuci bajuku ya” Menuk: “Pasti, Pa” Bolkin:”Pastikan tidak ada uang di sakunya. Jika mencuci baju ada uang di saku Mama terkena pasal Pencucian Uang” Menuk:”Saya kantongi saja, Pah” Bolkin: “Kalau itu Mama terkena pasal Penggelapan Uang” Menuk: “Ya, udah untuk belanja saja” Bolkin: “Jangan Ma. Mama terkena pasal Menghilangkan Barang Bukti” Menuk: “Terus uang diapakan coba ?” Bolkin:” Dikembalikan langsung ke saya Ma. Dengan demikian Mama menjadi wanita sholihah. Penghuni surga”

Mbah Mars

INTERMEZZO Tubuh Bolkin semakin gendut. Ia datang ke dokter. Ia disarankan melakukan diet. Dokter: “Anda harus disiplin menjaga makanan !” Bolkin: “Siap, Dok” Dokter: “Anda hanya boleh makan tiga lembar daun selada, sepotong roti panggang, segelas sari jeruk, dan sebutir tomat." Bolkin: “"Semua itu harus saya habiskan sebelum atau sesudah makan, Dok?

Jimmy Marta

Untuk mendapatkan hasil terbaik memang harus kejam. Disiplin tinggi yg ketat. Jika dokter mungkin tidak bisa melakukannya. Mereka harus nyari orang yg bisa bersikap tega. Dalam dunia olahraga juga butuh orang kejam. Pelatih. Agar anak didik disiplin dlm menjalankan program latihan. Disiplin yg akan berbuah prestasi. Tersebut dulu Radja Murnisal Nasution. Melatih sendiri putri2nya. Kesulitan terbesar melatih anak sendiri adalah bersikap tega dan tegas, katanya. Saat anak seusianya masih tidur lelap, sang ayah harus membangunkan si anak. Jam 04.00 harus sudah ada di pinggir kolam renang. Latihan pagi sore. Telat datang hukuman menanti. Begitulah RMN, ia memang ayah yg galak. Hasilnya, tentu anda sudah tahu. Empat putrinya, Elfira Rosa, Maya Masitha, Elsa Manora dan Kevin Rose merajai dunia renang Indonesia. Sampai mewakili merah putih diajang sea games, asian games dan olimpiade.

Lagarenze 1301

Seorang sekretaris cantik mendampingi bosnya bernegosiasi dengan raja minyak dari Arab. Tak disangka, raja minyak tertarik pada sekretaris dan ingin menjadikan istrinya. Sekretaris tidak berani langsung menolak, jadi dia memberi tiga syarat yang dia pikir tidak akan bisa dipenuhi oleh raja minyak. "Apa syarat fertama?" tanya raja minyak. "Aku mau cincin dan kalung berlian yang harganya puluhan miliar, serta 10 mobil ferrari edisi terbatas" ujar sekretaris. "Oke, tidak masalah, ana felikan," kata raja minyak. Sekretaris mulai ketakutan. Maka, syarat kedua dia perberat. "Aku mau kapal pesiar mewah, istana di Hollywood, dan pulau di Yunani," pintanya. Raja minyak menelepon beberapa saat, lalu berkata, "Oke, oke, ana fuatkan." Sekretaris hampir menangis membayangkan jadi istri lelaki di depannya yang sudah tua, berkulit gelap, dan bermata elang. Dia lalu memikirkan syarat berat lainnya. "Syarat ketiga, aku suka berhubungan, jadi harus punya perkakas minimal 30 cm," katanya. Kali ini raja minyak terlihat berpikir keras lalu meringis sedih. Sesaat kemudian, ia berkata, "Oke, oke, ana akan fotong."

Handoko Luwanto

Per pk.17:02 skarang 3 besar Prusuh yg komennya lebih dari 1 digit : AS III = 17 JZ = 15 GI = 11

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 118

  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • dabudiarto71
    dabudiarto71
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Liam Then
      Liam Then
    • Tivibox
      Tivibox
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
    • Liam Then
      Liam Then
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • elison linaldi
    elison linaldi
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
  • Rizal Falih
    Rizal Falih
    • Rizal Falih
      Rizal Falih
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • Dasar Goblik
      Dasar Goblik
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Dasar Goblik
    Dasar Goblik
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
  • Pryadi
    Pryadi
    • Pryadi
      Pryadi
    • Pryadi
      Pryadi
    • Pryadi
      Pryadi
    • Pryadi
      Pryadi
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Pryadi
      Pryadi
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • alasroban
    alasroban
    • alasroban
      alasroban
    • Handoko Luwanto
      Handoko Luwanto
  • Wilwa
    Wilwa
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
  • Selvi Apriliana
    Selvi Apriliana
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Ardi Suhamto
    Ardi Suhamto
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Rachmad Saleh
    Rachmad Saleh
  • Eka Handoko
    Eka Handoko
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Aji Laksono
    Aji Laksono
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • djokoLodang
      djokoLodang
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
      Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
  • Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
    Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺
  • Dasar Goblik
    Dasar Goblik
  • Lègég Sunda
    Lègég Sunda
  • DeniK
    DeniK
  • Amat K.
    Amat K.
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Amat K.
      Amat K.
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Gianto Kwee
    Gianto Kwee
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301