Ustadz Khalid Basalamah Bingung dengan Sistem Aturan Imsak di Indonesia: Dalam Islam Ini Nggak Ada

Ustadz Khalid Basalamah Bingung dengan Sistem Aturan Imsak di Indonesia: Dalam Islam Ini Nggak Ada

Ustadz Khalid Basalamah Bingung dengan Aturan Imsak di Indonesia---Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID - Ustadz Khalid Basalamah mengaku bingung dengan aturan imsak yang diterapkan di Indonesia.

Aturan imsak dinilai Ustadz Khalid Basalamah justru menimbulkan pertanyaan baru, sebenarnya sampai kapan muslim boleh makan sahur.

Sebenarnya apakah seorang muslim masih boleh makan atau minum setelah imsak atau sudah tidak boleh lagi melakukan kegiatan tersebut?

Menurut penilaian Ustadz Khalid Basalamah dari hadis shahih dijelaskan bahwa makan sahur bisa baru dihentikan setelah mendekgar adanya kumandang azan Subuh.

BACA JUGA:

Dan pandangan lain, dari Rasulullah SAW yang menilai bahwa makan dan minum saat sahur masih boleh diselesaikan sampai azan Subuh selesai.

Akan tetapi yang menjadi catatan penting di sini adalah posisinya memang sedang tinggal menghabiskan makanan dan minuman yang ada di tangan saja, bukan makan dari awal mulai lagi.

Hal tersebut disampaikan oleh Ustadz Khalid Basalamah dalam sebuah tayangan video di channel Bimbingan Salaf.

“Hadisnya jelas hadis shahih, kata Rasulullah SAW ‘kalau kalian sedang mendengar azan dan di tangan kalian ada sesuatu minuman, dan makanan yang sedang dikunyah selesaikanlah’,” ujar Ustadz Khalid Basalamah, dikutip pada Selasa 19 Maret 2024.

BACA JUGA:

Tentunya bukan makan dan minum dari awal saat azan Subuh berkumandang, seorang muslim hanya diizinkan untuk menghabiskan makanan yang belum habis.

“Kata ulama fikih selama selesai azan masih boleh, tapi ini bukan azan baru siapkan satu piring ya. Jelas, kalau pas obat lagi dikunyah mau ditelan sudah azan masih boleh,” tuturnya.

KEBINGUNGAN USTADZ KHALID BASALAMAH SOAL ATURAN IMSAK


Ustadz Khalid Basalamah Bingung Soal Aturan Imsak di Indonesia-Lentera Islam-YouTube Channel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: