Zelensky Terima Undangan di KKT G-20, Jokowi Lanjut Bertemu Putin

Zelensky Terima Undangan di KKT G-20, Jokowi Lanjut Bertemu Putin

Joko Widodo disambut Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di pintu masuk istana (Jokowi Instagram)--

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menyatakan kesiapannya untuk menghadiri KTT G20 di Bali.

Pernyataan itu ia sampaikan saat kunjungan Presiden Joko Widodo yang mengundangnya secara langsung untuk hadir di acara tersebut.

Kendati demikian Zelensky masih menimbang kehadirannya tergantung pada tamu yang akan hadir. Mengingat, acara itu akan dihadiri Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Tentu saja saya menerima undangan itu. Partisipasi Ukraina akan tergantung pada situasi keamanan di negara itu dan pada komposisi peserta KTT," kata Zelensky setelah pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Kyiv, Ukraina, seperti dikutip AFP, Kamis 30 Juni 2022.

BACA JUGA:AS Kirim 2 Skuadron Jet Tempur Siluman ke Inggris, Ancaman Perang Dunia III Makin Nyata!

Indonesia memegang kursi kepresidenan bergilir G20 tahun ini dan Jakarta berada di bawah tekanan Barat untuk mengecualikan Presiden Rusia dari pertemuan itu. 

Negara-negara G20 menyumbang sekitar 80 persen dari total output ekonomi dunia, sedangkan G7 menyumbang sekitar 31 persen.

Putin bergabung dengan KTT G20 tahun lalu di Roma pada Oktober melalui konferensi video, karena krisis virus Corona.

Setelah blusukan ke sejumlah kota bekas zona perang di Ukraina, Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Rusia pada Rabu (29/6) malam waktu setempat.

Jokowi berangkat ke Rusia menggunakan pesawat dari Polandia.

BACA JUGA:Jokowi-Zelenskyy Saling Berbagi Keakraban di Media Sosial

Menurut laporan Sekretariat Presiden RI, Jokowi dan rombongan berangkat dengan menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB) lagi dari Stasiun Central Kyiv tepat pukul 19.00 waktu lokal menuju Stasiun Przemysl Glowny di Przemysl, Polandia.

Jokowi diperkirakan tiba di Polandia pada Rabu 30 Jui 2022 pagi waktu setempat.

Dari Stasiun Przemysl Glowny, Presiden dan rombongan akan langsung menuju Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia untuk kemudian melanjutkan lawatannya ke Moskow, Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: