Pendakwah Asal Lampung: Kalau Ada yang Rayakan Idul Adha 9 Juli, Salat Ied dan Kurbannya TIDAK SAH!

Pendakwah Asal Lampung: Kalau Ada yang Rayakan Idul Adha 9 Juli, Salat Ied dan Kurbannya TIDAK SAH!

Ustaz Suparman Abdul Karim Jelaskan Soal Konsep Idul Adha Berbeda- Ustadz Suparman Abdul Karim-YouTube Channel

JAKARTA, DISWAY.ID - Pendakwah Ustaz Suparman Abdul Karim mengatakan bahwa umat Islam di Indonesia tidak boleh merayakan Idul Adha 1443 H mengikuti hitungan yang sama seperti di Arab Saudi, yakni tanggal 9 Juli 2022.

Menurutnya, apabila sampai ada yang hari raya Idul Adha-nya ikut dengan tanggal yang sudah ditetapkan di Arab Saudi, maka Salat Ied dan kurban yang dilakukan hukumnya tidak sah.

Sebagai masyarakat Indonesia, Ustaz Suparman menyebut langkah terbaik untuk mengambil sikap dengan cara mematuhi hukum fikih.

 BACA JUGA:Keok dari Axelsen, Jonatan Christie Gagal ke Final Malaysia Open 2022

BACA JUGA:Viral Mobil Pajero Hitam Dirusak Massa di GBK Senayan, Polisi Ungkap Fakta Sebenarnya!

"Sikap kita menurut fikih adalah ikut Idul Adha berdasarkan pengumuman pemerintah kita," kata Ustaz Suparman Abdul Karim, dikutip Disway.id dari kanal YouTube pribadinya pada Sabtu, 2 Juli 2022.

"Karena kalau ada yang ber-Idul Adha, orang Indonesia nih, yang Idul Adha-nya ada yang hari Sabtu tanggal 9 Juli maka salat Ied-nya tidak sah, sembelehannya juga tidak sah. Dia bukan kurban, tapi sembelehan biasa," sambungnya.

Ustaz Suparman yakin apa yang dikatakannya juga sudah disepakati oleh para ulama di Indonesia bahwasannya Idul Adha waktunya harus mengikuti pemerintah Indonesia.

Lebih lanjut, Pengurus Nadhalatul Ulama (NU) Lampung itu menuturkan bahwa perbedaan waktu hari raya Idul Adha atau Idul Fitri di Indonesia dengan Arab Saudi tidak baru kali ini saja terjadi.

 BACA JUGA:Pesan Sederhana UAH Soal Metode Rukyat dan Hisab: Kalau Pemerintah Sudah Menetapkan...

BACA JUGA:Masih Ingat Polwan Suci Dharma Korban Layangan Putus Versi ASN? Dikabarkan Alami Keguguran

Bahkan Ustaz Suparman mengungkapkan bahwa beda waktu ini sudah pernah terjadi sejak zaman Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, ia mengatakan bahwa perbedaan waktu Idul Adha atau Idul Fitri tidak hanya terjadi antara Indonesia dengan Arab Saudi saja tetapi Mesir pun terkadang juga memiliki perbedaan waktu.

"Tapi faktanya, rakyat Mesir tidak pernah ikut-ikutan Arab. Orang Arab tidak pernah ikut-ikutan Mesir, mereka ikut pengumuman negara mereka masing-masing," tutur Ustaz Suparman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait