Warga Alami Gizi Kurang? Puskesmas Jakarta Barat Akan Lakukan Ini

Warga Alami Gizi Kurang? Puskesmas Jakarta Barat Akan Lakukan Ini

Kepala Puskesmas Kecamatan Kembangan, Rosvita-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID-Puskemas Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat berikan tindakan khusus untuk warga yang mengalami penyakit gizi kurang.

"Tindakan yang kita lakukan adalah memonitor pertumbuhan dan perkembangan balita secara rutin setiap bulan, sehingga dapat mendeteksi kelainan lebih dini," kata Kepala Puskesmas Kembangan, Rosvita saat ditemui di Kantor Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Selasa, 19 Juli 2022.

"Kami juga melakukan pemberian makanan tambahan yaitu berupa biskuit dan juga dapat dicairkan seperti bubur atau susu yang telah terukur kadar nutrisinya sesuai kebutuhan, setiap pasien tersebut kontrol sehingga peningkatan berat badan sesuai target dan tercapai perbaikan status gizi," lanjutnya. 

BACA JUGA:Lurah dan Camat se-Jakarta Barat Dibekali Kapasitas Kaji Kebutuhan Pasca Bencana

Rosvita menjelaskan bahwa upaya tersebut dilakukan guna memastikan gizi yang diterima para pasien cukup. Selain itu, pihaknya juga mengontrol kesehatan para pasien yang menderita gizi kurang.

Adapun upaya pemantauan yang dilakukan yaitu berupa mewajibkan mereka untuk kontrol ke puskesmas hingga pemeriksaan langsung ke setiap rumah pasien.

Dengan upaya-upaya tersebut, Rosvita mengatakan bahwa beberapa pasien yang ditangani pun mengalami peningkatan kesehatan.

"Syukur alhamdulillah pasiennya itu sudah ada peningkatan berat badan," kata dia.

Dirinya pun juga berterima kasih kepada para kader puskesmas di wilayah yang ikut terlibat dalam merawat pasien serta peka terhadap situasi sekitar dalam melaporkan dan mendapati temuan terkait penyakit gizi kurang.

Ia mengatakan bahwa tim kesehatan akan terus melakukan upaya untuk memastikan penanganan maksimal guna mendeteksi dini dan menanggulangi masalah gizi di kawasan Kembangan.

"Pencegahan akan kita lakukan, salah satunya dengan mengandalkan peran serta warga sekitar berikut kader-kader yang menjangkau langsung masyarakat, termasuk tim penggerak PKK, kader dasa wisma," jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: