Adu Data Keterangan Polri Vs Komnas HAM Kasus Tewasnya Brigadir J di Rumah Ferdy Sambo

Adu Data Keterangan Polri Vs Komnas HAM Kasus Tewasnya Brigadir J di Rumah Ferdy Sambo

19 Juli 2022, Irjen Ferdy Sambo dinonaktifkan dari jabatan Kadiv Propam oleh Kapolri Listyo Sigit.

19 Juli 2022, Laporan dugaan pencabulan dan kekerasan yang dilayangkan oleh Putri Candrawathi naik penyidikan. (BACA Di SINI:Ini Alasan Polisi Tolak Otopsi Ulang Jenazah Brigadir J, Dugaan Pelecehan Naik Penyidikan

23 Juli 2022, Laporan Dugaan pembunuhan berencana yang dilayangkan keluarga Brigadir J naik penyidikan.  Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo pada Jumat 22 Juli 2022 malam.

"Semua sudah disita (pakaian yang terakhir digunakan Brigadir J) dan sudah diperiksa oleh labfor masalah DNA-nya, kemudian bukti-bukti visual lainnya semua diperiksa," kata Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

20 Juli 2022, Kapolri Listyo Sigit juga menonaktifkan Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Budhi Herdi Susianto dan Karo Paminal Divpropam Polri Brigjen Hendra Kurniawan. 

Kemudian Komnas HAM turun tangan ikut dalam penyidikan mandiri. Berikut ini adalah keterangan yang diperoleh media dari Komnas HAM

18 Juli 2022, Komnas HAM Mengatakan bahwa pihaknya telah melayangkan pemanggilan terhadap Ferdy Sambo dan istri Putri Candrawathi. 

"Setelah itu, kami akan panggil teman-teman di pihak yang lain, teman-teman polisi, dokter, siber, dan sebagainya," kata Choirul kepada wartawan, Senin 18 Juli 2022.

"Termasuk pihak dari Pak Sambo. Kami berharap bisa bertemu langsung dengan pihak istrinya khususnya," sambungnya. "Ini memang proses awal untuk meminta semua pihak keterangan. dan ini langkah pertama kami. Jadi ketemu keluarga itu langkah pertama kami,"  tuturnya. (BACA Di SINI:Ungkap Kasus Penembakan Brigadir J, Komnas HAM Periksa Irjen Ferdy Sambo, Istri dan Putrinya

Kemudian KOMNAS HAM membuat kesimpulan sementara terkait temuan-temuan baru pada dugaan penyebab kematian serta jenis luka yang menewaskan Brigadir J.

Pekan ini, Komnas HAM juga memanggil sejumlah pihak dari Polri guna memperdalam penyelidikan kematian Brigadir J.

Tim Forensik Polri pun memenuhi panggilan Komnas HAM pada Senin 25 Juli 2022. Dalam pertemuan itu, Komnas HAM melontarkan banyak pertanyaan terkait autopsi awal Brigadir J.

Setelah itu, Komnas HAM turut memanggil seluruh ajudan Sambo, termasuk Bharada E sebagai orang yang dituduh menembak Brigadi J hingga tewas.

Rabu 27 Juli 2022, Komnas HAM memeriksa CCTV dan HP bersama Tim Siber Bareskrim dan Digital Forensik Puslabfor Mabes Polri. Pemeriksaan itu belum rampung dan akan dilanjut pekan depan.

Berikut temuan terbaru Komnas HAM terkait kematian Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: