Adu Data Keterangan Polri Vs Komnas HAM Kasus Tewasnya Brigadir J di Rumah Ferdy Sambo

Adu Data Keterangan Polri Vs Komnas HAM Kasus Tewasnya Brigadir J di Rumah Ferdy Sambo

Keterangan senada juga disampaikan Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto (kini telah dinonaktifkan). 

"Saat olah TKP, kami menemukan seorang yang sudah tergeletak dengan berlumuran darah berada di dekat tangga naik ke atas, tepatnya arah kamar mandi," kata Kombes Budhi Herdi Susianto. Ia juga menyebutkan, terdapat barang bukti lain berupa senjata dan proyektil. "Proses olah TKP, kami temukan barang bukti baik senjata maupun selongsong maupun proyektil," tutupnya

12 Juli 2022, Jenazah Brigadir J dilaporkan tiba di kampung halaman dan langsung disemayamkan. Diantarkan oleh Adik kandung Brigadir J, LL Hutabarat yang juga bertugas di Mabes Polri

13 Juli 2022, keluarga mengungkapkan kejanggalan-kejanggalan ke publik seperti: akun sosmed dan WA keluarga brigadir J diretas, keluarga dilarang membuka peti jenazah, rumah dipagar betis oleh polisi, akses jalan ditutup. 

Kecurigaan yang paling terbesar adalah dilarangnya membuka peti jenazah. Sempat bersitegang akhirnya peti Brigadir J.

Keluarga histeris melihat wajah jenazah yang penuh sayatan. Kecurigaan membesar, keluarga membuka jaz jenazah yang akhirnya ditemukan luka yang tidak wajar. 

Sementara itu, pada 12 Juli 2022, istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi  melayangkan laporan polisi dugaan pencabulan dan tindakan kekerasan.

“Yang jelas kami terima dua LP atau laporan dari ibu Kadiv Propam soal pasal persangkaan 335 KUHP dan 289 KUHP,” kata Kapolres Metro Jaksel Kombes Budhi Herdi Susianto kepada wartawan di kantornya, Selasa 12 Juli 2022. 

Jumat 15 Juli 2022, Kuasa Hukum Putri Candrawathi datangi dewan pers dan mengatakan Disampaikan pula bahwa kondisi Putri Chandrawati istri Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo dalam perawatan psikologis.

Jumat 15 Juli 2022, Polisi mengungkap jenis pistol yang digunakan Bharada E dalam aksi baku tembak lawan Brigadir J dirumah Ferdy Sambo. (BACA DI SINI:Baku Tembak di Rumah Ferdy Sambo, Brigadir J Ditembak Bharada E Pakai Pistol Milik Siapa?

Pihaknya pun telah berkirim surat ke Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) untuk pendampingan. (BACA Di SINI:Polisi Intimidasi Wartawan di Rumah Ferdy Sambo Diamankan, Kenapa Kuasa Hukum Putri Chandrawati ke Dewan Pers?

15 Juli 2022, Kapolri membentuk tim khusus mengusut kasus tewasnya Brigadir J. Tim khusus adalah Polri dan Komnas HAM

“Komnas HAM akan bekerja berdasarkan UU 39/1999, melakukan pemantauan penyelidikan dan juga monitoring terhadap proses penegakan hukum,” kata Damanik di kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Jumat 15 Juli 2022. 

18 Juli 2022, keluarga menolak narasi putra mereka dituduh melakukan pencabulan dan kekerasan hingga mengakibatkan kematian. Membuka bukti berupa Chat WA keluarga dan foto-foto luka yang terlihat pada jenazah Brigadir J. (BACA Di SINI:Kuasa Hukum Keluarga Brigadir J Mulai Diperingatkan Soal Luka 'Janggal' Jenazah, Polri Berikan Teguran Keras

Melalui kuasa hukum melawan dan melaporkan dugaan pembunuhan berencana. (Baca: Kuasa Hukum Brigadir J Datangi Bareskrim). Di hari yang sama keluarga pun menuntut autopsi ulang luka-luka pada jenazah Brigadir J dan langsung diamini kepolisian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: