Adu Data Keterangan Polri Vs Komnas HAM Kasus Tewasnya Brigadir J di Rumah Ferdy Sambo

Adu Data Keterangan Polri Vs Komnas HAM Kasus Tewasnya Brigadir J di Rumah Ferdy Sambo

1. Brigadir J Masih Hidup saat tiba di Duren Tiga

Komnas mengungkapkan Brigadir J masih hidup saat sampai di kediaman Irjen Ferdy sambo yang berlokasi di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menyatakan bukti itu diketahui dari 20 video perjalanan Brigadir J dari Magelang ke Jakarta yang diperiksa pihaknya.

"Sampai di Duren Tiga dia masih hidup. Dan rombongan yang lain dan semuanya sehat tidak kurang dari satu apapun," kata Anam di Kantor Komnas HAM, Rabu 27 Juli 2022.

2. Bharada E, Brigadir J, dan Istri Sambo PCR Bareng

Komnas HAM menyebut semua rombongan Irjen Ferdy Sambo yang tiba di Duren Tiga usai dari Magelang, Jawa Tengah, turut melakukan tes PCR. Dalam rombongan itu, diketahui ada Brigadir J, Bharada E, dan Istri Sambo yakni Putri Chandrawathi.

3. Ajudan Masih Canda Tawa Sebelum Kejadian

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam ada momen canda tawa di antara ajudan sebelum peristiwa itu terjadi. "Beberapa orang yang ikut dalam forum itu ngomongnya memang tertawa. Itu yang kami tanya. Jadi kami lihat spektrum bagaimana kondisinya," kata Anam.

4. Jarak Tembak Tak Terlalu Jauh

Komnas HAM mengatakan Brigadir J yang tewas ditembak dari jarak yang tidak terlalu jauh.

"Kalau dari karakter luka, jaraknya memang tidak terlalu jauh. Tetapi ada beberapa karakter jarak yang berbeda-beda. Itu dari hasil pendalaman kami," ujar Anam.

27 Juli 2022, Autopsi ulang jenazah Brigadir J dilakukan. Sebagian organnya pun dibawa ke Jakarta. (BACA DI SINI:Permintaan Khusus Keluarga, Otopsi Ulang Jenazah Brigadir J: Periksa Organ Gigi Tenggorokan dan Alat Vital

Komnas HAM mengatakan, pihaknya masih ada pemeriksaan lebih lanjut yang dilanjutkan pekan depan. (BACA JUGA:Kasus Brigadir J, Komnas HAM Akan Periksa Balistik dan Aturan Penggunaan Pistol Glock 17

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: