Hari Ini Timsus Pendalaman Uji Balistik di Rumah Irjen Ferdy Sambo

Hari Ini Timsus Pendalaman Uji Balistik di Rumah Irjen Ferdy Sambo

Tim khusus (timsus) bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit hari ini, Senin 1 Agustus 2022 melakukan pendalaman uji Balistik Labfor di TKP (rumah dinas Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo)/FOTO: M. Iksan-Istimewa-disway.id

"Kami sedang mendalami untuk persiapan salah satunya adalah balistik dan DNA, itu juga yang akan kami mintai keterangan," ujar Komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam saat di konfirmasi, Kamis 28 Juli 2022.

Dirinya tidak menyebutkan secara rinci DNA siapa saja yang akan dicek oleh pihak Komnas HAM. 

BACA JUGA:Geger 2 Oknum Guru SD di Ciamis Berbuat Asusila, Videonya Tersebar, Begini Nasibnya Sekarang

Adapun agenda tersebut, Choirul Anam menyebutkan akan dijadwalkan pekan ini.

Sekaligus memeriksa soal aturan detail penggunaan senjata api oleh polisi. Mengingat dalam insiden tersebut diduga ada penggunaan pistol jenis Glock 17 oleh Bharada E. 

"Ini bagaimana soal balistiknya kan banyak pertanyaan ke kami misalnya soal penggunaan senjata Glock dan sebagainya, yang ada dalam peristiwa itu," kata Anam. 

"Nah, dalam konteks senjata itu di samping soal senjatanya, soal balistiknya kami akan ngecek bagaimana prosedur dan sebagainya, sehingga memang tahapan demi tahapan akan menjadi sesuatu yang terang," lanjutnya. 

Selain itu, Komnas HAM juga akan menjadwalkan penyelidikan lanjutan terkait hasil forensik dari CCTV dan handphone yang dibawa oleh tim siber dan Laboratorium forensik (Labfor). 

BACA JUGA:Terungkap Ada Video Aktivitas Putri Candrawathi dan Brigadir J, Komnas HAM Pastikan Panggil Istri Ferdy Sambo

"Karena masih ada satu proses baik di Siber maupun di Labfor yang sekarang belum selesai. Kalau itu dipaksakan misalnya tadi kami periksa, secara prosedur hukumnya nanti juga akan lemah," ujar Anam.

"Masih ada satu proses yang memang secara teknologi dan secara mekanis yang ada dalam Puslabfor memang masih butuh waktu," lanjutnya.  

Kemudian, Komnas HAM juga akan agendakan satu ajudan yang belum diperiksa untuk diselidiki minggu depan beserta dengan saksi-saksi lainnya seperti asisten rumah tangga yang ada di rumah dinas Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo. 

"Ada beberapa orang yang menurut kami juga penting untuk ditanya, salah satunya memang menambah soal aide de camp (ADC)," ujar Anam. 

"Yang kemarinkan sudah datang dan yang belum datang akan kami mintai keterangan, termasuk juga beberapa saksi-saksi yang lain, itu akan kami periksa," lanjutnya.

BACA JUGA:Geger Ratusan Paket Sembako Bansos Ditimbun di Tanah Lapang Sedalam 3 Meter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: