Komnas HAM Klaim Temuan Baru di Kasus Brigadir J: Teriakan Istri Ferdy Sambo Sebelum Penembakan Ternyata...

Komnas HAM Klaim Temuan Baru di Kasus Brigadir J: Teriakan Istri Ferdy Sambo Sebelum Penembakan Ternyata...

Komnas HAM mengklaim temukan fakta baru terkait kasus tewasnya Brigadir J sebelum penembakan-ilustrasi-

JAKARTA, DISWAY.ID - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengklaim sudah mengantongi kronologi lengkap terkait kasus penembakan Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo pada 8 Juli 2022.

Ya, Komnas HAM memulai penyelidikan dengan mengumpulkan keterangan dari pihak keluarga Brigadir J. 

Pada pekan kemarin, Komnas HAM memanggil sejumlah pihak guna memperdalam penyelidikan. 

Pada Senin 26 Juli 2022, Komnas HAM telah memeriksa Tim Forensik Dalam pertemuan itu, Komnas HAM melontarkan banyak pertanyaan terkait autopsi.

Lanjut pada Selasa 26 Juli 2022, Komnas HAM memanggil semua aide de camp (ADC) atau ajudan Irjen Ferdy Sambo, termasuk Bharada E sebagai orang yang dituduh melakukan penembakan.

BACA JUGA:Waspada! Kenali Galon Oplosan dan Cara Membedakannya, Simak Penjelasannya

Kemudian, pada Rabu 28 Juli 2022, Komnas HAM memeriksa CCTV dan HP dengan Siberbareskrim dan Digital Forensik Puslabfor Mabes Polri. Pemeriksaan itu belum rampung dan akan dilanjutkan pekan depan.

Lalu, pada pekan ini, Senin 1 Agustus 2022, Komnas HAM juga kembali melakukan pemeriksaan terhadap ART dan satu ajudan Sambo. 

Pada hari itu, Komnas HAM juga seharusnya memeriksa petugas PCR terkait, tetapi yang bersangkutan tidak memenuhi undangan sesuai jadwal.

Berikut temuan-temuan terbaru Komnas HAM di kasus Brigadir J:

1. Dokumentasi foto di Magelang

Komnas HAM mengaku telah mengantongi dokumentasi foto di Magelang yang diyakini penting untuk mengungkap kasus penambakan Brigadir J.

Foto itu diambil sebelum rombongan Brigadir J pulang ke Jakarta dan terjadinya peristiwa penembakan di rumah Kadiv Propam Nonaktif Irjen Ferdy Sambo, Jakarta Selatan pada Jumat 8 Juli 2022

"Salah satu yang membuat ini kaya, misalnya terkait apa yang terjadi di Magelang," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat pada Senin 2 Agustus 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: