Catat 5 Penyebab Susah Tidur pada Malam Hari, Berikut Cara Mengatasinya

Catat 5 Penyebab Susah Tidur pada Malam Hari, Berikut Cara Mengatasinya

Penyebab Susah Tidur pada Malam Hari--Freepik/rawpixel.com

Selain itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa cahaya biru dapat meningkatkan kewaspadaan otak dan dapat merangsang fungsi kognitif yang pada akhirnya membuat tubuh terjaga dan menjadi susah tidur.

BACA JUGA:Duarr! HP Meledak, Murid SD di Ciamis Meninggal Dunia

4. Stres

Penyebab susah tidur di malam hari selanjutnya adalah stres. Stres bisa memengaruhi durasi dan kualitas tidur karena kondisi ini bisa membuat kadar hormon kortisol dalam tubuh meningkat.

Efeknya, detak jantung meningkat dan otot menjadi tegang sehingga tubuh menjadi tidak rileks dan tidur pun menjadi sulit.

5. Kurang paparan sinar matahari

Meski terdengar tidak masuk akal, kurang terkena paparan sinar matahari bisa menjadi penyebab susah tidur di malam hari. Faktanya, paparan sinar matahari pada pagi hari bisa memperbaiki siklus tidur dan membuat tubuh terjaga sepanjang hari. Efeknya, saat malam tiba tubuh akan merasa ‘butuh tidur’.

BACA JUGA:Duarr! HP Meledak, Murid SD di Ciamis Meninggal Dunia

Pentingnya Mengatasi Keluhan Susah Tidur di Malam Hari

Meski terlihat sepele, susah tidur bisa membuat Anda tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas. 

Efeknya, tubuh akan terasa lemas, mudah ngantuk, dan sulit konsentrasi pada keesokan harinya.

Tak hanya itu, dalam jangka panjang, kurang tidur juga bisa membahayakan kesehatan karena dapat menurunkan imunitas tubuh dan meningkatkan risiko terkena penyakit serius, seperti penyakit kardiovaskular.

Untuk mengatasi susah tidur di malam hari, Anda dianjurkan untuk mengubah kebiasaan yang menyebabkan keluhan susah tidur muncul. 

BACA JUGA:Jauh dari Hingar Bingar Korps Polri, Ini Daftar Polisi yang Dimutasi ke Yanma Polri Imbas Kasus Brigadir J

Misalnya, jika Anda terbiasa minum kopi pada sore hari, sebaiknya minum kopi hanya di pagi hari saja atau jauh sebelum waktu tidur tiba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: