Kapolri Dinilai Lemah Tangani Kasus Ferdy Sambo, JAKI: Kurang Paham Jalan Reformasi Kapolri

Kapolri Dinilai Lemah Tangani Kasus Ferdy Sambo, JAKI: Kurang Paham Jalan Reformasi Kapolri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengaku sempat ditemui Ferdy Sambo usai penembakan Brigadir J-Foto.Dok/Ilustrasi: Syaiful Amri/Disway.id-disway.id

Namun saran tersebut ditepis. Menurut Yudi dari Koordinator Eksekutif JAKI, Kapolri saat ini justru disebut sedang 'bersih-bersih' atau melakukan reformasi Polri.

"Pernyataan Benny K Harman, anggota Komisi III DPR RI dari Partai Demokrat, saya pikir kurang memahami jalan reformasi yang dijalankan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo," kata Yudi, Selasa 23 Agustus 2022

Kata Yudi, upaya yang tengah dilakukan Kapolri saat ini memang tak mudah, terdapat penentangan dari berbagai pihak baik internal maupun eksternal.

"Reformasi yang dijalankan oleh Kapolri ini tidak mudah, apalagi tentu juga masih banyak oknum personel Polri yang belum sepenuhnya ke arah reformasi di Polri.

BACA JUGA:Harga Pertalite Dipaksa Naik, Sri Mulyani: Jika Tidak, Dana Subsidi BBM Bakal Meledak!

"Salah satunya diduga masih ada kekuatan gangster Ferdy Sambo untuk menjadikan Polri sebagai kekuatan politik," terang Yudi.

Yudi mengatakan, tak mudah 'menggembusi' kekuatan Ferdy Sambo. Sebab, tersangka pembunuhan berencana Brigadir J itu disebut punya relasi politik cukup besar.

"Saya yakin, Ferdy Sambo tentu juga punya relasi politik dengan kekuatan politik tertentu. Oleh karena itu, memang tidak mudah Pak Kapolri menjalankan reformasi Polri," jelas Yudi.

Yudi melanjutkan, perlahan tapi pasti, upaya Kapolri dalam mereformasi Polri sudah berada di jalan yang tepat setelah berhasil mengungkap kasus pembunuhan Brigadir yang didalangi Ferdy Sambo.

BACA JUGA:Wacana Polri Kembali ke TNI Bergulir Seiring Upaya Revisi UU No 2 Tahun 2022

"Namun setiap langkah reformasi Kapolri jelas makin terlihat dan terasa Progres. Apalagi dengan partisipasi kelompok masyarakat sipil, Menko Polhukam dan Presiden," terangnya lagi.

Tim Khusus dan Inspektorat Khusus yang dibentuk Kapolri terbukti penanganannya sangat baik.

"Bahkan mampu melawan rekayasa-rekayasa sistemik dari para konspirator jahat di Polri itu sendiri," ucap Yudi.

"Saya ingin menyampaikan bahwa Kapolri berserta Timsus-nya, selain sedang menyelesaikan kasus Ferdy Sambo, akan tetapi juga sedang menjalankan operasi reformasi Polri.

BACA JUGA:Kapolda Metro Jaya Berikan Piagam Penghargaan Para Pemenang Tim Patroli Perintis Presisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: