Viral Usulan Moge Masuk Tol, Ini Tanggapan Ditlantas Polda Metro Jaya

Viral Usulan Moge Masuk Tol, Ini Tanggapan Ditlantas Polda Metro Jaya

Ditlantas Polda Metro Jaya tanggapi usulan Moge diusulkan boleh melintasi jalan tol-M Ichsan/Disway.id-

JAKARTA, DISWAY.ID- Kembali viral soal usulan pengguna motor gede (moge) untuk bisa lewat jalan bebas hambatan (Tol) langsung ditanggapi oleh Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya.

Menurut Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol, Latif Usman, usulan tersebut tidak akan boleh karena memang sesuai aturan jalan Tol hanya untuk kendaraan roda empat atau lebih.

“Roda dua gak boleh kan udah ada ketentuannya. Bukan hanya melarang, memang aturannya gak boleh, dan memang ketentuan dan safety di jalan tol gak boleh,” ujar Kombes Latif Usman saat dikonfirmasi wartawan, Rabu 24 Agustus 2022.

BACA JUGA:Pengendara Moge Tabrak Pemotor di Kulon Progo, Korban Terpental 10 Meter

Kombes Latif juga menjelaskan, selain roda empat atau lebih, sesuai ketentuan ada perkecualian, yaitu kecuali petugas yang bisa menggunakan roda dua dengan cc yang besar.

Masih menanggapi soal usulan dari video seorang ladys bikers yang Bernama Icha Big Bike ini, Kombes Latif juga menegaskan tidak akan ada deskresi.

Tidak aka nada (deskresi) memang ketentuannya gak boleh. Audensi juga Gak ada, dan mereka seharusnya sudah tahu aturan,” tukasnya.

Sementara itu, setelah potongan video kontennya viral, Icha Big Bike coba mengklarifikasi memang hanya usulan dan hanya perbincangan dengan seorang bikers senior.

Sebenarnya itu cuplikan sedikit dari chanep video youtube saya Icha Big Bike. Kebetulan saya saat itu sedang ngonten bikers yang cukup senior.

BACA JUGA:Luhut Akan Ground Breaking Tol Serang - Panimbang, Bupati Irna Narulita: Semoga Langsung Gas Pol...

“Ada satu momen di situ yang berharap pengguna moge bisa menggunakan jalan tol. Sebenarnya poin yang saya tangkap itu sesuatu yang baik buat pengguna semua jalan karena kalau ngomongin moge kita tahu lah moge ini sesuatu yang cc nya besar, larinya cepat' cc nya besar bersuara berisik,” ungkap Icha.

“Terus namanya moge motornya pasti gede dan berat. Saya bisa ngebayangin bagaimana kendarain moge di jalanan umum contohnya kita bahas masalah kecepatan motor 400 cc ke atas pasti gak bisa pelan dan bunyi knalpotnya berisik dan pengendara lain akan merasa terganggu karena suara knalpotnya yang berisik karena memang cc nya besar jalannya gak bisa pelan yang memungkinkan banyak resiko di depan,” jelasnya.

“Poin yang saya tangkap dari harapan beliau itu adalah suatu yang luar biasa banget dan harusnya disambut positif oleh pemerintah karena beberapa negara sudah menerapkan itu membolehkan moge masuk jalan tol. Karena itu juga perlu bagi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: