Suharso Monoarfa, Bambang Susantono dan Yusril Ihza Mahendra Bertemu Bahas Percepatan Pembangunan IKN

Suharso Monoarfa, Bambang Susantono dan Yusril Ihza Mahendra Bertemu Bahas Percepatan Pembangunan IKN

Ilustrasi: Suharso Monoarfa bersama Yusril Ihza Mahendra dan Bambang Susantono.-Syaiful Amri/Disway.id-disway.id

BACA JUGA:Yusril Ihza Mahendra: Ada Satu Hal yang Kita Harus Pegang dari Warisan Pemikiran Buya Syafii

Langkah ini untuk memecahkan masalah tumpang tindih kewenangan antar instansi pemerintah dan memikirkan ketentuan-ketentuan hukum yang secara khusus hanya akan berlaku di kawasan IKN.

Kedudukan, struktur organisasi dan kewenangan  Badan Otorita IKN  juga harus diperjelas dan dipertegas agar mampu bergerak cepat melaksanakan tugas. Struktur organisasi Badan IKN hingga sekarang belum tersusun dengan rapi.

Staf Badan Otorita juga masih dalam proses rekrutmen. Sebagian besar supporting staf Badan Otorita masih dibantu oleh staf Bappenas.

Kantor Sekretariat Badan Otorita IKN sementara ini juga masih menumpang di Gedung Bank Mandiri dengan staf yang belum lengkap.

BACA JUGA:Polemik Isu Kenaikan Harga BBM: 'Kenapa Tidak Proyek IKN Saja yang Ditunda'

BACA JUGA:Bela Ustaz Abdul Somad, Yusril Ihza Mahendra: UAS Dikenal Sebagai Ulama Garis Lurus!

Kepala Badan Otorita Bambang Susantono juga mengakui adanya kendala tumpang tindih pengaturan aspek hukum di IKN dan kewenangan antar badan dan instansi baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. 

Namun dia optimis jika kendala-kendala ini dapat segera diatasi, maka pembangunan IKN akan berjalan dengan lancar sesuai harapan Presiden.

Sementara Wakil Kepala Badan Otorita IKN Dhony Rahajoe menambahkan sudah banyak investor dan pengembang raksasa dalam dan luar negeri yang  menghubungi dirinya ingin berpartisipasi membangun IKN.

Namun sebagian besar dari mereka mempertanyakan jaminan kepastian hukum. Kalangan swasta ini khawatir salah melangkah, sehingga harus berhadapan dengan aparat penegak hukum.

BACA JUGA:Hore! Jokowi Berencana Bangun Training Centre Sepak Bola di IKN

Pastikan RDTR Berjalan Sesuai Rencana 

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu, guna memastikan progres penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) ibu kota baru tersebut berjalan sesuai rencana.

"Saya baru saja dari Titik Nol IKN ditemani oleh wamen (wakil menteri), kapolda, pangdam, dan kakanwil untuk melihat secara langsung, secara fisik, dan memastikan bahwa RDTR sesuai dengan tugas dari Bapak Presiden untuk menyelesaikan tata ruang," kata Hadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: