CISSReC Ungkap Modus Peretasan Awak Redaksi Narasi

CISSReC Ungkap Modus Peretasan Awak Redaksi Narasi

Ilustrasi: Narasi -Pixabay/@tookapic -Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Modus peretasan dan pengambilalihan nomor seluler sejumlah awak redaksi Narasi diungkap Ketua Lembaga Riset Siber Indonesia CISSReC Pratama Persadha.

Pratama mengungkapkan, peretasan antara lain dengan malware (perangkat lunak berbahaya) dan mengakses kode verifikasi sekali pakai OTP.

Pakar keamanan siber itu mengatakan, peretasan tersebut bisa dengan cara mengakses one time password (OTP) atau sistem pengamanan akun berupa kata sandi (password) yang bersifat sekali pakai.

BACA JUGA:UU Perlindungan Data Pribadi Segera Disahkan DPR, Buntut Banyaknya Peretasan Data

Pratama menjelaskan cara mengakses OTP melalui beberapa cara.Pertama, dengan memalsukan identitas, lalu membuat SIM card di provider. 

Kedua, mengakses OTP lewat akses provider telekomunikasi.

Secara teknis, kata dia, memang memungkinkan tindakan peretasan ke sejumlah aset digital seseorang, seperti media sosial dan aplikasi pesan instan. 

Adapun cara paling mudah adalah memalsukan dokumen kartu tanda penduduk (KTP) dan datang ke kantor cabang provider telekomunikasi untuk meminta pergantian SIM card.

BACA JUGA:Bukti Terbaru Kondisi Jenazah Brigadir J Didapatkan Komnas HAM, Soal Peretasan Ikut Diungkit

"Mereka bisa mengaku sebagai pemilik nomor dengan memalsukan KTP sesuai dengan registrasi terdaftar tadi. Ini sangat memungkinkan karena ada data bocor registrasi SIM card sebelumnya, jadi bisa digunakan," katanya dikutip Disway.id dari Antaranews.com Senin 26 September 2022.

Selain itu, lanjutnya, pelaku peretasan juga bisa melakukan akses terhadap OTP provider telekomunikasi dengan bantuan layanan pihak ketiga.

Adapun tujuannya ialah untuk memperoleh OTP yang dikirimkan setelah ada permintaan (request) dari aplikasi.

Dengan demikian, katanya, pelaku tidak perlu mengirimkan pesan penipuan untuk meminta OTP kepada target. Hal ini sering dilakukan oleh para penipu dengan mengaku  sebagai kasir minimarket dan meminta OTP.

BACA JUGA:Pengguna Android Harus Waspada, Ada Aplikasi Palsu yang Bisa Meretas Kata Sandi HP Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait