Syekh Yusuf al-Qaradawi Meninggal Dunia, Ulama Mesir yang Menentang Keras atas Tuduhan Wahabi

Syekh Yusuf al-Qaradawi Meninggal Dunia, Ulama Mesir yang Menentang Keras atas Tuduhan Wahabi

Syekh Yusuf al-Qaradawi, ulama besar asal Mesir yang tinggal di Doha, Qatar, dikabarkan meninggal dunia.-Foto: Dok/Wikipedia-

"Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab adalah seorang yang bermazhab Hambali. Barang siapa yang menghormati mazhab Imam Ahmad bin Hambal, maka ia harus menghormati Imam Muhammad bin Abdul Wahab," tegas Syekh Yusuf.

Ia kembali melanjutkan, tokoh ulama asal Arab Saudi itu disebutnya tak pernah melenceng dari ajaran yang dipelajari dari Imam Ahmad bin Hambal.

"Karena ia tidak keluar dari mazhab Hambali sedikit pun. Wajar dan mungkin saja kita menyelisihi Muhammad bin Abdul Wahab di sebagian perkara, sebagaimana kita menyelisihi sebagian pendapat ulama.

"Dan ini bukan perkara yang berbahaya. Kita mengambil semua pendapat yang disebutkan oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab, kita mengambil semua pendapat yang disebutkan oleh Imam Ibu Taimiyyah atau Imam Ibnul Qoyyim, yang merupakan tokoh-tokoh luar biasa.

"Seperti Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Madrasah Tajdidiyyah Kubro dan muridnya Ibnul Qoyyim yang memiliki sifat-sifat khusus. Namun kita pun menyelisihi mereka pada sebagian perkara," terang Syekh Yusuf.

Ia lalu menegaskan bahwa tidak pantas seseorang yang menuduh tokoh-tokoh ulama yang disebutkannya sebagai ulama sesat dan menyimpang.

"Maka tidaklah pantas jika dakwah mereka disebut sesat, menyimpang atau selainnya," tukas Syekh Yusuf di tayangan video itu.

Berita meninggal dunia Syekh Yusuf al-Qaradawi telah sampai ke Indonesia, khususnya Ustaz Abdullah Gymnastiar atau kerap disebut Ustaz Aa Gym.

Dalam unggahan ia menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya ulama asal Mesir itu.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un

"Aa dan Keluarga besar Daarut Tauhiid menyampaikan turut berduka cita atas wafatnya Gurunda kita

"Syaikh Dr. Yusuf Al-Qaradawi (Ulama & Cendikiawan Muslim Dari Mesir)

"Pada hari Senin, 26 September 2022

"Allahummaghfirlahu Warhamhu Wa’afihi Wa’fu’anhu

"Semoga Alloh menerima segala amal kebaikannya, diberikan tempat yang terbaik oleh Alloh Ta'ala dan juga diberikan kesabaran bagi keluarga yang ditinggalkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: