Kapolri Bersama Menpora Langsung ke Malang, Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Kapolri Bersama Menpora Langsung ke Malang, Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pengerahan tim tersebut bertujuan untuk mempercepat proses identifikasi korban dalan insiden Stadion Kanjuruhan.-M Ichsan/Disway.id-

JAKARTA, DISWAY.ID- Sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo agar tragedi di stadion Kanjuruhan, Malang diusut tuntas, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali langsung bertolak ke Malang, Minggu 2 Oktober 2022.

Hal ini diungkapkan oleh Kadiv Humas Polda Metro Jaya, Irjen Pol Dedi Prasetyo bahwa nantinya akan mengadakan rapat dengan pihak pemerintah provinsi Jawa Timur dan juga khususnya Kabupaten Malang.

“Sesuai dengan perintah pak Presiden, hari ini pak Kapolri dan Menpora akan bertolak ke Malang, kedua Kapolri saat ini sudah memberangkatkan tim Disaster Victim Identification (DVI) yang dipimpin oleh Brigjen Nyoman langsung menuju ke malang,” ujar Irjen Dedi kepada wartawan, Minggu 2 Oktober 2022.

Irjen Dedi juga menambahkan, selain mengerahkan tim DVI Mabes Polri, pihaknya kemudian juga mengerahkan seluruh tim dokter dari RS Bhayangkara Malang, RS Bhayangkara Kediri, dan RS Bhayangkara Surabaya.

“Fokus kami ada dua, pertama bekerja sama dengan tim medis setempat di Malang dalam rangka untuk memberikan pelyanan medis terbaik, guna memetigasi jangan sampai terjadi jumlah korban bertambah,” jelasnya.

“Kedua dengan jumlah korban yang cukup banyak, tim DVI juga harus bekerja keras untuk segera melakukan identifikasi terhadap korban meninggal dunia, karena tempat untuk menyimpanan jenazah di RS jumlahnya terbatas,” imbuhnya.

Oleh karenanya Irjen Dedi juga mengatakan, tim DVI Mabes polri bekerja sama tim DVI setempat untuk melakukan identifikasi secara cepat agar korban bisa dikembalikan kepada pihak keluarga dan dimakamkan.

Disinggung soal penggunaan gas air mata dalam mengahadapi para supporter yang turun kelapangan, Irjen Dedi berharap rekan media untuk bersabar, karena pihaknya akan tetap melakukan investigasi.

“Sekali lagi saya minta rekan media untuk sabar, karena pak Kapolri dan pak Menpora hari ini melakukan rapat dulu bersama pemerintah daerah Provinsi Jatim, Kabupaten Malang. Tentunya sesuai arahan presiden berikan kesempatan kepada penyidik untuk bekerja, nanti hasilnya disampaikan,” ungkapnya.

“Dievaluasi dulu secara menyeluruh, kita tidak boleh buru-buru menyimpulkan, secara menyeluruh agar komprehensif dan nanti hasil secara menyeluruh akan disampaikan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: