Penelitian Ungkap Asteroid yang Picu Tsunami 'Jumbo' Setinggi 4,5 Km Hingga Punahkan Seluruh Dinosaurus

Asteroid Sebesar Burj Khalifa Akan Meluncur Lewati Bumi---Istimewa

AS, DISWAY.ID - Penelitian terbaru berhasil ungkap ledakan asteroid pemusnah dinosaurus yang menghantam Bumi 66 juta tahun yang lalu.

Ternyata ledakan asteroid itu disebut juga memicu tsunami berukuran super tinggi dengan gelombang setinggi satu mil di Teluk Meksiko yang perairannya menyebar ke belahan dunia.

Para peneliti menemukan bukti tsunami monumental ini setelah menganalisis inti dari lebih dari 100 situs di seluruh dunia dan membuat model digital dari gelombang mengerikan setelah dampak asteroid di Semenanjung Yucatán, Meksiko.

BACA JUGA:Kecurigaan Awal Wendy Walters Tahu Reza Arap Punya Selingkuhan, Singgung Orang Terdekat: Lumayan Trauma

BACA JUGA:Anies Diteriaki Presiden di Babakan Setu, Alex Marwata: Kasus Formula E Saya Pastikan Lanjut

Hasil itu terungkap dalam penelitian yang ditulis dalam studi oleh Molly Range, yang melakukan studi pemodelan untuk tesis master di Departemen Ilmu Bumi dan Lingkungan di University of Michigan.

"Tsunami ini cukup kuat untuk mengganggu dan mengikis sedimen di cekungan laut di belahan dunia," ungkap Molly Range, seperti dikutip dari situs sciencealert pada Senin, 10 Oktober 2022.

Penelitian tentang tsunami setinggi satu mil, yang sebelumnya dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Geophysical Union 2019, dipublikasikan secara online Selasa (4 Oktober) di jurnal AGU Advances.

BACA JUGA:Tak Disebut Jokowi, Iwan Bule Bereaksi Soal Kolaborasi Pemerintah dengan FIFA: PSSI Akan Langsung Bekerja