Kesulitan Air Bersih, Dompet Dhuafa Bantu 'Hidupkan' Kebutuhan Warga Dusun Ngasem Pacitan

Kesulitan Air Bersih, Dompet Dhuafa Bantu 'Hidupkan' Kebutuhan Warga Dusun Ngasem Pacitan

General Manager Dompet Dhuafa Bobby F Manulang dan Lulut Pribadi saat presentase wakaf air bersih untuk warga Dusun Ngasem, Pacitan.-Foto/Dimas/Disway.id-

BACA JUGA:Cawapres Pendamping Anies Malam Ini Dibahas, Tiga Parpol Bertemu di Lebak Bulus

Selain itu, ada seorang anak bernama Robi Bakhtiar dan ayahnya Katwadi (47) yang merupakan seorang tuna netra, bolak-balik mengambil air bersih yang kini sudah tersedia dengan jarak yang aman dan dekat.

"Bersyukur sekali, kami sekarang mendapat air bersih jauh lebih mudah. Apalagi jaraknya lebih dekat dengan rumah," ujar Katwadi.

Desain Tandon Berbentuk Panggung


Tandon dari program wakaf air bersih Dompet Dhuafa sengaja didesain seperti panggung pentas. Lulut mengatakan, ia dan warga sekitar kerap menggelar acara-acara di hari besar Islam.-Foto/Dimas/Disway.id-

Sebagai penggagas warga sekitar, Lulut Pribadi terpikir untuk membuat penampungan air bersih yang dapat dimanfaatkan sebanyak-banyaknya oleh warga.

Makanya, ia mendesain tandon atau tempat penampungan air bersih wakaf dari Dompet Dhuafa ini berbentuk seperti panggung pentas.

"Desainnya sengaja dibuat seperti panggung pentas sehingga bisa multi fungsi karena warga sekitar sini suka dengan budaya seni wayang," ujar Lulut.

Selain wayang, panggung pentas tersebut juga kerap digunakan untuk menggelar kegiatan keagamaan yang bertepatan dengan hari-hari kebesaran Islam.

BACA JUGA:Jonatan Christie Melaju Babak 16 Besar Setelah Tekuk Krstian Solberg Vittinghus di French Open 2022

55 Kepala Keluarga Mendapat Manfaat Wakaf Air Bersih


Robi anak kecil yang berbakti kepada orangtuanya. Dengan keterbatasan fisik sang ayah, ia rela membantu memandu untuk mendapatkan air bersih-Foto/Dimas/Disway.id-

Seperti disinggung tadi, sebanyak 55 kepala keluarga kini dapat memanfaatkan wakaf air bersih dari Dompet Dhuafa.

Ia menjelaskan, dengan kapasitas besar yang dapat ditampung tandon air bersih ini semua warga dapat memanfaatkannya secara rutin.

Jika dulu harus berjibaku dengan ancaman dan durasi waktu yang cukup lama, kini dengan adanya wakaf air bersih Dompet Dhuafa warga jauh lebih mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: