Bom Meledak Depan Kemendikbud, Ratusan Orang Tewas dan Luka-luka

Bom Meledak Depan Kemendikbud, Ratusan Orang Tewas dan Luka-luka

-ilustrasi-Berbagai sumber

SOMALIA, DISWAY.ID - Sebanyak 100 orang tewas dan melukai lebih dari 300 lainnya akibat dua ledakan bom mobil yang menargetkan gedung Kementerian Pendidikan SOMALIA pada Sabtu 29 Oktober 2022. 

"Korban tewas kemungkinan akan meningkat," kata Presiden Hassan Sheikh Mohamudohamud kepada awak media, dilansir dari laman Shine.

Juru bicara Kepolisian Somalia, Sadiq Dudishe menyebut, dari data sejumlah korban yang tewas termasuk wartawan dan polisi. 

BACA JUGA:KIB Bakal Jodohkan Ganjar Pranowo dengan Ridawan Kamil, PDIP Tegas Bilang Begini

Kelompok ekstremis al-Shabaab yang terkait dengan al-Qaeda, mengeklaim bertanggung jawab atas ledakan terbaru di Somalia. 

Selama ini, al-Shabaab kerap menyerang sejumlah wilayah di Somalia, termasuk Mogadishu.

Misi Transisi Uni Afrika di Somalia menyerukan operasi militer berkelanjutan terhadap pemberontak demi menekan aksi teror yang meningkat di negara itu.

"Saya menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban," tulis Misi Bantuan PBB di Somalia via Twitter. 

"Kami berdiri teguh bersama semua warga Somalia dalam melawan terorisme," imbuhnya.

BACA JUGA:Korban Tewas Tragedi Perayaan Helloween di Korsel Bertambah Jadi 154 Orang

Ledakan terbaru terjadi ketika presiden Somalia dan para pemimpin negara-negara anggota federal, termasuk pejabat keamanan, bertemu untuk membahas operasi ofensif yang sedang berlangsung terhadap al-Shabaab.

"Tindakan al-Shabaab tidak akan menghentikan komitmen pemerintah untuk memberantas terorisme dalam bentuk apa pun," kata Perdana Menteri Somalia Hamza Abdi Barre.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: