Jadwal Home dan Away Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, JIS Masuk Nominator Home Base

Jadwal Home dan Away Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, JIS Masuk Nominator Home Base

Jadwal Home dan Away Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 sudah beredar, PSSI tinggal menetapkan stadion yang akan dijadikan Home Base timnas Indonesia.-Info Timnas Indonesia-Disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Kemenpora memprioritaskan Stadion Gelora Bung Karno sebagai tempat Piala Dunia U20 sehingga Timnas Indonesia tidak diizinkan bermarkas di sana.

GBK yang awalnya dijadikan home base atau kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, itu tidak bisa dipakai secepatnya karena mamasuki tahap akhir direnovasi atau peremajaan rumput hingga Desember 2022.

PSSI harus segera memutuskan home Timnas Indonesia menjamu Kamboja dan Thailand. Sementara negara lain sudah menyetorkan nama stadion yang akan digunakan. Nah, berikut ini agenda atau jadwal Timnas Indonesia dalam mengarungi laga home and away Piala AFF 2022.

BACA JUGA:Ketum PSSI Berharap Timnas Indonesia Juara AFF 2022: Balas Kekalahan AFF 2020

Jadwal Laga Home Indonesia di Piala AFF:

  • 23 Desember 2022: Indonesia vs Kamboja.
  • 29 Desember 2022: Indonesia vs Thailand.

Jadwal Laga Away Indonesia di Piala AFF:

  • 26 Desember 2022: Brunai Darusalam vs Indonesia. 
  • 2 Januari 2023: Filipina vs Indonesia.


Trophy Tour AFF Mitsubishi Cup 2022 Akan Diselenggarakan tiga Bulan Kedepan Salah Satunya Ke Indonesia-ilustrasi-AFF Cup

Kemenpora telah menyampaikan keputusan FIFA bahwa setiap stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 2023 tidak boleh digunakan untuk kegiatan lain. Lalu muncul sejumlah alternatif stadion lain di Indonesia yang bisa menjadi home base Garuda Indonesia di Piala AFF 2022.

Yuk simak lima stadion yang bisa menjadi rujukan PSSI di Piala AFF 2022 mulai 20 Desember nanti.

1. Stadion Patriot Candrabhaga:

Tak jauh dari ibu kota, di kota Bekasi, ada Stadion Patriot Candrabhaga yang juga layak untuk menggelar pertandingan internasional. Stadion ini sudah beberapa kali dipakai PSSI. Terakhir kali stadion berkapasitas 30.000 tempat duduk itu digunakan PSSI untuk Piala AFF U-19 2022. Fasilitas pendukung berupa lapangan latihan di Bekasi pun memadai.Hanya saja kualitas rumput lapangan Stadion Patriot sering jadi sorotan. Selepas Asian Games 2018 kualitas stadion ini mengalami penurunan karena perawatan yang kurang optimal.

BACA JUGA:Piala Dunia U-20 Pakai 6 Stadion, Menpora: Masih Ada Catatan dan Harus Diperbaiki

2. Stadion Wibawa Mukti Cikarang:

Masih di Bekasi, tepatnya di Kabupaten Bekasi, ada Stadion Wibawa Mukti yang juga layak menggelar laga internasional. Dibanding Patriot, kualitas Wibawa Mukti dinilai lebih baik. Hanya posisi stadion yang jauh dari ibu kota sering jadi pertimbangan. Akses menuju stadion sejatinya tidak terlalu sulit, namun jumlah penonton di sini sering tak optimal.Terakhir kali Timnas Indonesia tampil di Wibawa Mukti pada 16 Oktober 2018, saat imbang 1-1 melawan Hong Kong. Artinya sudah empat tahun tim Garuda tak main di Cikarang.

3. Stadion Gelora Bandung Lautan Api:

Selama PSSI dipimpin Mochamad Iriawan, Bandung menjadi salah satu lokasi pertandingan Timnas Indonesia. Pada 2022 sudah dua kali tim merah putih tampil di Bandung. Dari dua stadion yang ada di Bandung, Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) bisa kembali jadi opsi. Pasalnya stadion ini terawat cukup baik selama disewa oleh Persib Bandung. Adapun Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung tak bisa jadi pilihan untuk kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 karena menjadi lokasi Piala Dunia U-20 2023.Selain lima opsi stadion di atas, stadion lainnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur bisa juga menjadi pilihan untuk kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

BACA JUGA:Stadion Kanjuruhan Bakal Direnovasi Ulang Pakai Dana APBN, Menteri PUPR: Makan Waktu Satu Tahun

4. Stadion Pakansari Cibinong

Salah satu stadion pilihan utama PSSI saat GBK tak bisa digunakan adalah Pakansari. Ini karena stadion di Kabupaten Bogor tersebut memenuhi syarat untuk laga internasional. Hanya saja, kondisi rumput dan drainase yang masih jadi catatan. Saat hujan deras, sejumlah sisi lapangan tergenang karena sistem pengairan tidak optimal. Ini penurunan kualitas sejak Asian Games 2018.Terakhir kali Stadion Pakansari dipakai Timnas Indonesia dalam laga uji coba melawan Curacao. Dengan kondisi ini stadion berkapasitas 30.000 tersebut kemungkinan jadi pilihan utama.

5. Jakarta International Stadium (JIS)

Saat ini JIS merupakan stadion dengan kapasitas terbesar di Indonesia. Stadion yang terletak di Jakarta Utara tersebut sudah beberapa kali diuji coba selama masa pandemi Covid-19. Hanya saja PSSI sempat menyatakan JIS belum layak untuk menggelar pertandingan internasional dengan jumlah massa tinggi. Ini karena ada beberapa hal yang masih menjadi catatan.Pernyataan PSSI soal JIS yang dinilai belum memenuhi sejumlah syarat sempat membuat riuh. Namun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bertekad memperbaiki catatan dari federasi. Dengan ini ada kans JIS bisa digunakan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

BACA JUGA:Hentikan Polemik JIS, PSSI: Terima Kasih Cak Eri, GBT Oke!


Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dalam satu kesempatan bersama staf pelatih dan official.-Instagram/@shintaeyong7777-Disway.id

Sumber: