Rusia Konfirmasi Putin Tak Hadir KTT G20 Bali dan APEC Thailand

Rusia Konfirmasi Putin Tak Hadir KTT G20 Bali dan APEC Thailand

Pertemuan Vladimir Putin dan Jokowi-DISWAY.ID-DISWAY.ID

MOSCOW, DISWAY.ID-Presiden Rusia Vladimir Putin tidak menghadiri KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022 mendatang. 

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, Presiden Vladimir Putin tidak dapat menghadiri KTT G20 di Bali. Pejabat Kremlin mengatakan KTT G20 di Bali akan didelegasikan kepada Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov.

"Diputuskan bahwa Rusia akan diwakili oleh Sergey Lavrov di KTT G20," kata pejabat Kremlin, yang dilansir dari kantor berita Rusia, TASS, Kamis 10 November 2022. 

BACA JUGA:Putin Batal ke Bali dengan Alasan Ini, Jokowi Tegaskan G20 Bukan Forum Politik

Tak hanya KTT G20, forum APEC di Thailand pekan depan pun tidak dapat dihadiri Putin melainkan diwakili Delegasi Rusia Wakil Perdana Menteri Pertama Andrey Belousov  Forum APEC dijadwalkan berlangsung di Bangkok pada 18-19 November. 

Sementara itu  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan telah mengetahui informasi ketidakhadiran putin.

BACA JUGA:Putin Akan Akhir Perang Ukraina? Targetkan Mobilisasi Pasukan Selesai Dalam 2 Minggu

“Telah diinformasikan secara resmi bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan menghadiri KTT G20, dan akan diwakili oleh pejabat tingkat tinggi, dan ini telah dibahas oleh Presiden Joko Widodo dan Putin dalam percakapan telepon sebelumnya,” kata Luhut yang juga ketua acara KTT G20.

Luhut mengatakan tidak tahu mengapa Putin memutuskan untuk tidak datang.

BACA JUGA:Penuhi Permintaan Delegasi KTT G20, Pemerintah Juga Siapkan Mobil Anti Peluru

"Mungkin karena Presiden Putin sibuk di rumah," dan bahwa keputusan ini harus dihormati. Apa pun yang terjadi dengan keputusan Rusia, itu untuk kebaikan kita bersama dan yang terbaik untuk kita semua," kata Luhut.

Adapun KTT G20 akan berlangsung di Bali pada 15-16 November.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: