Ini Sederet Rekor Toprak Razgatlioglu yang Menjadi Sejarah Baru di Sirkuit Mandalika

Ini Sederet Rekor Toprak Razgatlioglu yang Menjadi Sejarah Baru di Sirkuit Mandalika

Toprak Razgatlioglu berhasil mengukir sejarah baru di Sirkuit Mandalika di ajang Worl Superbike 2022-Foto/Yamaha Racing-

Rekor itu melampaui rekor pebalap Yamaha asal Jepang, Noriyuki Haga, yang meraih 27 kemenangan bersama satu pabrikan.

Setelah gelaran WorlsSBK di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika selesai, Pata Yamaha dengan Brixx WorldSBK dan paddock WorldSBK lainnya langsung menuju Phillip Island untuk final musim akhir pekan depan, berlangsunng tanggal 18 hingga 20 November 2022.

Tempat yang mendebarkan di Australia selatan menyimpan kenangan indah sebagai tempat kemenangan perdana Razgatlıoğlu dalam balapan pertamanya di atas Yamaha R1 WorldSBK dari Race 1 pada Februari 2020.

BACA JUGA:Kagum dengan Antusiasme Peserta Energen Champion SAC Indonesia

Profil singkat Toprak Razgatlioglu 

Toprak Razgatlioglu lahir di Alanya, Turki, pada 16 Oktober 1996. Ia adalah putra dari pengendara motor akrobat ternama Turki, Arif Razgatlioglu.

Toprak mendapatkan motor pertamanya pada usia lima tahun. Ia kemudian suskes menjuarai ajang motocross di Turki sebanyak empat kali.

Melansir laman resmi WSBK, Toprak Razgatlioglu mulai berkompetisi di ajang balap motor 600cc pada usia 13 tahun. Pada 2011, Razgatlioglu mengikuti kejuaraan Yamaha R6 Dunlop Cup.  

Dua tahun kemudian, ia sukses menembus ajang Red Bull Rookies Cup. Karier Razgatlioglu di dunia balapa motor terus menanjak. 

Selepas dari Red Bull Rookies Cup, ia naik ke European Superstock 600 Championship (2015), lalu FIM Superstock 1000 Cup (2016), dan European Superstock 1000 Championship pada 2017.

Toprak Razgatlioglu lantas melakoni debut di Kejuaraan Dunia Superbike pada 2018. Ketika itu ia membela tim Kawasaki Puccetti Racing dan menunggangi motor Kawasaki Ninja ZX-10R. 

Pada musim debutnya, Razgatlioglu menempati peringkat kesembilan klasemen akhir. Pencapaian pebalap bernomor 1 itu meningkat pada musim berikutnya, di mana ia menduduki peringkat kelima.

Toprak Razgatlioglu akhirnya bisa meraih gelar juara dunia pada musim ketiganya berlaga di ajang WSBK.  

Biodata Toprak Razgatlioglu 

Nama lengkap: Toprak Razgatlioglu
Tempat, tanggal lahir: Alanya, 16 Oktober 1996
Kewarganegaraan: Turki.
Tim saat ini: Pata Yamaha with Brixx WorldSBK
Nomor motor: 1
Mulai karier WSBK: 2018
Hasil:
- Race: 119
- Pole: 4
- Podium: 53
- Menang: 18
- P2: 16
- P3: 19
- Best Race Lap: 13
- Juara dunia: 1 (2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: