Berkah KTT G-20, Indonesia 'Diguyur' Investasi Besar-besaran, Jumlahnya Fantastis

Berkah KTT G-20, Indonesia 'Diguyur' Investasi Besar-besaran, Jumlahnya Fantastis

Presiden Jokowi secara resmi membuka KTT G20, di The Apurva Kempinski Bali, Selasa 15 November 2022.-Humas Setkab/Rahmat-

JAKARTA, DISWAY.ID - Sejumlah negara telah membuat komitmen investasi kepada Indonesia dalam puncak acara KTT G-20 digelar di Bali pada 15 sampai 16 November 2022. 

Berikut daftar negara yang berkomitmen investasi di Indonesia:

1. Amerika Serikat

Presiden AS Joe Biden mengumumkan besaran investasi di Indonesia, termasuk perjanjian US$2,5 miliar atau setara Rp38,82 triliun (asumsi kurs Rp15.529 per dolar AS) antara ExxonMobil dengan Pertamina.

Investasi yang dilakukan AS berbentuk kesepakatan antara ExxonMobil dengan Pertamina. 

Kerja sama akan menilai lebih lanjut pengembangan pusat penangkapan dan penyerapan karbon regional di Indonesia.

Kerja sama ini bakal membuat sektor-sektor di industri utama melakukan dekarbonisasi. Beberapa sektor tersebut antara lain, penyulingan, bahan kimia, semen, dan baja.

Selian itu, AS dan Indonesia juga sepakat untuk meluncurkan program Millennium Challenge Corporation (MCC) senilai US$698 juta untuk membantu mendukung pengembangan infrastruktur transportasi sadar iklim di lima provinsi RI serta tujuan pengembangan lainnya.

Rincian dana dalam kerja sama program MCC tersebut adalah US$649 juta disumbang oleh AS dan US$49 juta sisanya dikucurkan oleh Pemerintah Indonesia.

BACA JUGA:Update Harga BBM Pertamina 16 November 2022, Pertamax Cs Turun, Pertalite?

2. China

Kesepakatan investasi juga terjadi pada gelaran B20 Investment Forum yang berlangsung selama 13-14 November di Nusa Dua, Bali.

Kementerian Investasi menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan CNGR Advanced Material Co Ltd., produsen ternary precursor asal China, untuk mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. 

Penandatanganan kerja sama ini memiliki nilai investasi US$5 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: