Momen Xi Jinping Murka Pada PM Kanada Justin Trudeau di KTT G20 Gegara Isi Diskusi Bocor ke Media

Momen Xi Jinping Murka Pada PM Kanada Justin Trudeau di KTT G20 Gegara Isi Diskusi Bocor ke Media

Presiden Tiongkok Xi Jinping-Foto/Tangkapan Layar/Instagram/xijinpingofficialcn-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Di sela–sela pertemuan KTT G20 yang berlangsung di Bali lalu, Presiden Cina Xi Jinping terlihat murka kepada Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau.

Kemarahan Xi Jinping dipicu atas dugaan perilaku Justin yang membocorkan semua isi diskusi yang mereka lakukan sebelumnya kepada media.

Dalam cuplikan video selama 43 detik yang Disway.id lansir melalui akun Instagram fakta.indo tersebut, terlihat seorang penerjemah sedang menerjemahkan perkataan dari Xi Jinping untuk Justin Trudeau.

BACA JUGA:Demo Mahasiswa Papua Saat KTT G20 di Bali Dipukul Mundur, Ketua Umum Gerakan Pemuda Jayapura Angkat Bicara

“Semua yang kita bahas telah bocor di berita dan itu tidak layak,” jelas Xi Jinping melalui penerjemah, Kamis 17 November 2022.

“Dan itu bukan bagaimana pembicaraan dilakukan,” lanjutnya. 

Sesaat kemudian, ketika penerjemah belum selesai menerjemahkan perkataan dari Presiden Cina tersebut, Justin Trudeau menjawab, bahwa di Negara Kanada mereka percaya akan adanya dialog yang bebas dan terbuka,

“Di Kanada, kami percaya pada dialog yang bebas dan terbuka juga terus terang, dan kami akan terus melakukannya. Lalu kita akan terus bekerja sama secara konstruktif,” terang Justin.

BACA JUGA:Bertemu di KTT G-20, Xi Jinping Peringatkan Joe Biden: Jangan Lampaui Batas Soal Taiwan!

“Tetapi akan ada hal-hal yang kita tidak setujui satu sama lain,” tegasnya.

“Mari kita tentukan dulu batasan-batasannya,” tutup Xi Jinping sebelum bersalaman dengan Perdana Menteri Kanada tersebut lalu menyudahi pembicaraan.

BACA JUGA:Ada Biden Hingga Xi Jinping, Ini Daftar 17 Kepala Negara yang Hadir di KTT G20 Bali

Isi Diskusi Tiongkok yang Dibocorkan Kanada

Seperti dilansir Disway.id dari The Guardian, Kamis 17 November 2022, diskusi Kanada dan Tiongkok bocor ke media terkait peringatan Trudeau terhadap Beijing yang diduga berusaha merusak demokrasi Kanada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: