Pangeran Arab Saudi Ingin Tanggung Biaya Masjid JIC yang Terbakar, Pj Gubernur DKI Konsultasi ke Kemenag

Pangeran Arab Saudi Ingin Tanggung Biaya Masjid JIC yang Terbakar, Pj Gubernur DKI Konsultasi ke Kemenag

Penanganan kebakaran kubah masjid JIC diungkap Kadis Gulkarmat Jakarta Utara-intan-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) ingin menawarkan bantuan untuk biayai pembangunan Masjid Islamic Center (JIC), Koja, Jakarta Utara yang terbakar belum lama ini.

Atas rencana tanggung biaya Masjid JIC oleh Pangeran MBS tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono langsung merespons positif.

Selanjutnya, Heru akan berkonsultasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait rencana bantuan Pangerang Arab Saudi tersebut.

BACA JUGA:2 Perusahaan Jadi Tersangka Kasus Gagal Ginjal Akut, Modusnya Diungkap Irjen Dedi Prasetyo

"Kami tunggu dulu arahan dari Menag, konsultasikan dulu ke Kemenkeu," kata Heru, Jumat 18 November 2022.

Adanya rencana Pangerang MBS akan menaggung biaya Masjid JIC Jakarta Utara disampaikan di sela Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Nusa Dua, Bali.

"Kerajaan Arab Saudi akan menanggung biaya restorasi Jakarta Islamic Center setelah terdampak kebakaran bulan lalu," demikian keterangan Kantor Berita Pemerintah Arab Saudi, Saudi Press Agency, Kamis 17 November 2022. 

Menteri Urusan Islam, Dakwah dan Bimbingan Arab Saudi Syekh Dr Abdullatif bin Abdulaziz Al Al-Sheikh menjelaskan, rencana bantuan biaya yang disampaikan Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi MBS itu menegaskan ketertarikannya tentang pusat Islam di negara-negara sahabat yang berperan besar mengedukasi generasi muda, toleransi, perdamaian, moderasi dan dialog. 

"Menekankan bahwa kepemimpinan Kerajaan ingin mendukung pusat dan inisiatif yang membangun konsep moderasi dan toleransi," ucap Syekh Dr Abdullatif melalui keterangan tertulisnya.

BACA JUGA:Deklarasi G20 Bali: Alot Sikapi Perang Rusia - Ukraina, Pandemic Fund Terbentuk

Diketahui, Kubah Jakarta Islamic Center (JIC) atau Masjid Jami' Jakarta Center terbakar pada Rabu, 19 Oktober 2022 lalu.

Kebakaran diduga akibat pekerja yang tengah mengelas kubah lalai hingga menyebabkan kebakaran.

Masjid JIC terletak di Jalan Kramat Jaya Raya Nomor 1, RT 06/RW 01, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara.

Diketahui, masjid di Jakarta Islamic Center dirancang oleh mendiang Ahmad Numan atau Ie Muhammad Numan, arsitek spesialis masjid. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: