11 Manfaat Timun Ternyata Dapat Mencegah Diabetes Hingga Asam Urat

11 Manfaat Timun Ternyata Dapat Mencegah Diabetes Hingga Asam Urat

Mentimun atau timun ternyata memiliki 11 manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satuny adalah dapat meredakan nyeri sendi dan asam urat-Foto/Freepik/JComp-

JAKARTA, DISWAY.ID – Timun atau mentimun dengan nama ilmiah Cucumis sativus merupakan tanaman berbuah yang buahnya dapat dijadikan sayur dan lalapan yang menyegarkan. 

Timun cukup popular dalam kalangan masyarakat Indonesia untuk dijadikan acar, sayur, lalapan hingga dijadikan minuman jus.

Sifatnya yang menyegarkan karena tingginya kandungan air di dalamnya, sehingga jarang sekali orang tidak menyukai mentimun.

Ternyata, timun memiliki ragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, di antaranya adalah:

1. Melancarkan pencernaan

Tingginya kandungan serat dan sejumlah air di dalamnya mampu melancarkan pencernaan. Mengonsumsi mentimun dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan buang air besar.

2. Mengatasi dehidrasi

Tubuh tidak boleh sampai dehidrasi. Selain mengkonsumsi air putih, kandungan 95 persen air dalam timun juga membantu tubuh tetap terhidrasi. Pastikan asupan air tercukupi agar proses kinerja tubuh terjaga. 

3. Mengontrol kadar gula darah

Menurut berbagai studi, peningkatan asupan mentimun sangat menjanjikan dalam mengendalikan kadar gula darah tinggi dan mencegah diabetes.

Konsumsi jus mentimun dapat membantu meningkatkan hormon khusus yang diperlukan oleh pankreas dalam memproduksi insulin.

4. Memperkuat tulang

Timun dapat mencegah risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis, serta membantu meningkatkan meningkatkan perbaikan otot tulang.

Berkat kandungan kalsium dan vitamin K di dalamnya yang membantu memperkuat tulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: