Cocok Buat Pengidap Insomnia, Teknik Pernafasan Ini Bisa Buat Terlelap Kurang dari 2 Menit

Cocok Buat Pengidap Insomnia, Teknik Pernafasan Ini Bisa Buat Terlelap Kurang dari 2 Menit

Ilustrasi orang yang mencoba mengganti kelelahan karena kurang tidur-theyshane-Unsplash

JAKARTA, DISWAY.ID – Bagi pengidap insomnia, tidur menjadi aktivitas yang sulit dilakukan secara berkelanjutan.

Kurangnya tidur memiliki dampak jangka panjang yang berbahaya seperti terkena stroke, penyakit jantung, darah tinggi, obesitas dan sistem kekebalan tubuh yang menurun.

Justin Augustin, seorang terapis kesehatan dan pelatih fitness membagikan tips supaya mudah terlelap lewat akun TikTok-nya, @justin_augustin.

Menurutnya, menenangkan pikiran dan tubuh pada malam hari bisa membuat tidur berkualitas.

BACA JUGA:Tegas! Meskipun Ada ETLE, Polda Metro Jaya Akan Tilang Langsung dan Sita Kendaraan yang Mencopot Plat Nomor

Dampak lainnya adalah bisa menurunkan kecemasan dan meredakan stres.

Insomnia sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor tapi sebagian besarnya adalah stres, kecemasan dan depresi.

Justin mengungkapkan bahwa cara yang bisa dilakukan agar bisa tidur bagi pengidap insomnia adalah dengan menggunakan teknik pernafasan.

BACA JUGA:Panas! Ferdy Sambo Balas Tudingan Komjen Agus Soal Lepas Kasus Ismail Bolong: Ya Nggak Lah, Itu Laporan Resmi

“Mengatur teknik pernafasan merupakan cara yang bagus untuk menjernihkan pikiran dan mengendalikan diri,” ujarnya.

“Cara ini bukan hanya membuat tidur lebih mudah tapi juga mengurangi kecemasan dan stres,” tambahnya mengungkap manfaat teknik pernafasan yang kerap dia lakukan.

Justin kemudian membagikan teknik pernafasan yang dia sebut “the four-seven-eight technique” yang berarti metode selama dua menit untuk membuat tubuh rileks dan terlelap dalam waktu singkat.

“Metode ini bekerja dengan baik dan sekarang saya ingin beristirahat. Caranya adalah dengan duduk.

BACA JUGA:Panas! Ferdy Sambo Balas Tudingan Komjen Agus Soal Lepas Kasus Ismail Bolong: Ya Nggak Lah, Itu Laporan Resmi

Begitu menguasai teknik ini, Anda bisa melakukannya sambil tiduran,” ungkapnya.

Setelah itu, lakukan pengambilan nafas lewat mulut selama empat detik lalu tahan selama tujuh detik kemudian hembuskan secara perlahan-lahan selama delapan detik.

“Anda harus mengulanginya sebanyak empat kali. Kalau Anda tidak bisa menahan nafas selama itu, tidak

masalah asalkan konsisten dengan angka yang Anda bisa,” tutur Justin yang memiliki pengikut di TikTok mencapai 1,9 juta orang.

Dia mengingatkan bahwa tidak boleh menahan terlalu nafas untuk orang yang memiliki hipertensi.

“Alasan kita melakukan ini di malam hari adalah untuk membantu menurunkan kecemasan dan level stres dalam tubuh. Pola pernafasan Anda merupakan komponen penting,” jelasnya.

BACA JUGA:Bukan di Monas, Reuni Aksi 212 Bakal Digelar di Masjid Ini, Ada Alasannya Tersendiri

Menurutnya, pengidap insomnia sering kesulitan meredakan kecemasan dan stres di pikiran mereka sehingga membutuhkan cara untuk menanggulanginya.

“Ketika Anda menguasai teknik pernafasan ini, Anda akan merasakan perbedaan yang besar,” tutup Justin.

Video Justin di TikTok itu sampai Senin, 28 November 2022 sudah mendapatkan 4.000 likes serta ratusan komentar.

BACA JUGA:Ferdy Sambo Sebut Ismail Bolong dan Komjen Agus Sempat Diperiksa Propam

Beberapa pengguna mengungkapkan bahwa teknik ini berhasil membantu mereka untuk tertidur terlebih para pengidap insomnia.

Meski begitu, ada pula pengguna TikTok yang mengeluh di kolom komentar karena belum berhasil tidur menggunakan teknik pernafasan yang jurstin anjurkan.

Sumber: