Pengganti BBM Bensin 3 Ribuan Per Liter Dengan Oktan Tinggi dan Lebih Irit

Pengganti BBM Bensin 3 Ribuan Per Liter Dengan Oktan Tinggi dan Lebih Irit

Kualitas CNG pengganti Pertalite setara Pertamax Turbo harganya 3 ribuan rupiah.-pertamina-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pemerintah terus menekan dampak dari emisi gas buang kendaraan bermotor dengan mengembangkan dari berbagai teknologi, mulai dari kendaraan listrik hingga bahan bakar alternatif.

Dalam pengembangan yang telah di lakukan oleh Pertamina telah berhasil memberikan salah satu solusi pengganti bensin, di mana Pertamina mengklaim harga pengganti BBM bensin 3 ribuan per liter.

Bahan bakar pengganti BBM bensin 3 ribuan perliter tersebut adalah CNG.

CNG merupakan bahan bakar gas yang dibuat dengan melalui kompresi metana (CH4) yang diekstrak dari gas alam atau disebut juga dengan Compressed Natural Gas.

BACA JUGA:Dikenal Dermawan, Ziyech Sumbangkan Rp 4,9 Miliar dari Hasil Piala Dunia 2022 ke Fakir Miskin

BACA JUGA:Sahat Tua Simanjuntak Terjaring OTT KPK, Bukti Kuat Rekaman CCTV Berhasil Diamankan

Pengganti BBM bensin 3 ribuan rupiah ini lebih murah dari bahan bakar minyak, CNG juga di ungkap Pertamina lebih efisien serta mempunyai peforma yang tak kalah dari bensin.

M Haryo Yunianto selaku Direktur Utama PGN (Perusahaan Gas Negara) menjelaskan penggunaan CNG sebagai pegganti bbm bensin lebih irit 55 persen dibanding dengan Pertalite.

Tak hanya itu, dalam pengaplikasian CNG juga tinggal menambahkan tabung CNG berukuran 14 x 53 cm sehingga tidak menganggu kenyamanan dalam berkendara untuk digunakan pada sepeda motor.

Haryo menjelaskan selain harga CNG lebih murah dari bensin, CNG juga memiliki peforma lebih baik dari Pertalite karena dari bahan baku metana yang bersih dan beroktan tinggi.

BACA JUGA:Pelaku Pembunuhan Majikan di Tanjung Priok Baru Kerja 3 Bulan, Polisi: Diam di Loteng Bersembunyi

BACA JUGA:Stephen 'tWitch' Boss Meninggal Dunia Akibat Bunuh Diri: Ada Bekas Luka Tembak di Kepala

Dengan tingkat oktan tinggi tentunya akan dapat menghasilkan pembakaran yang sempurna sehingga CNG tak hanya memberikan peforma yang baik namun juga menghasilkan emisi gas buang yang ramah lingkungan.

Masih dengan Haryo, perhitungan yang dilakukan Pertmina, dalam penggunaan BBM Pertalite 4 liter per hari, jika di konversi ke CNG maka subsidi BBM setara 125 ribu kilo liter per tahun atau lebih penganti bensin lebih irit 55 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: